Hai, Takaiters!

Rendang masakan Indonesia memiliki cita rasa lezat dan gurih. Diolah dengan menggunakan santan dan rempah-rempah, menjadikan rendang salah satu makanan Indonesia diakui kelezatannya oleh dunia. Umumnya rendang dikenal berbahan dasar daging sapi, tetapi 8 jenis rendang ini tidak berbahan daging sapi dan rasanya tidak kalah enaknya. Penasaran? Yuk, simak di bawah ini:

1. Rendang Pakis

Foto: cookpad.com

Pakis termasuk jenis tumbuhan paku-pakuan dan dapat diolah menjadi sayur. Selain itu, pakis juga dapat diolah menjadi rendang. Rendang pakis ini dimasak hingga kering. Rendang pakis banyak penggemarnya dan sering dihidangkan pada pesta sebagai hidangan favorit para tamu.

2. Rendang Jariang

Foto: pinterest.com

Jariang yang artinya jengkol. Walaupun jengkol menggantikan daging, tetapi rendang jengkol ini banyak penggemarnya. Kamu suka jengkol? Coba, deh, rendang ini.

3. Rendang Telur

Foto: tokopedia.com

Rendang telur ini tidak terbuat dari telur yang direbus, tetapi telur yang diolah dengan tapioka menjadi keripik dan krispi. Keripik ini kemudian dicampur dengan bumbu rendang. Unik, ya.

4. Rendang Maco

Foto: today.line.me

Maco adalah sejenis ikan asin yang rasanya gurih. Maco dapat dipakai sebagai pengganti daging pada rendang dan tidak kalah nikmatnya. Bagi yang tidak mengonsumsi daging dapat menikmati rendang Maco ini.

Pilihan Editor


5. Rendang udang

Foto: terjahmakan.com

Ternyata udang juga dapat menjadi salah satu bahan membuat rendang, dan tak kalah enaknya. Udang yang digunakan adalah udang air tawar atau udang laut.

6. Rendang Lokan

Foto: saribundo.biz

Lokan adalah sejenis kerang yang dagingnya enak diolah menjadi rendang. Hanya harus tahu cara mengolahnya, agar dagingnya tidak alot, dan berbau amis. Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Nagari Sasak, dan Pasaman Barat, sering mengolah rendang lokan ini.

7. Rendang Pucuak Ubi

Foto: seleraputri.blogspot.com

Pucuk ubi yang artinya daun singkong. Rendang ini memiliki rasa gurih, ditanggung sekali mencoba kamu akan langsung ketagihan. Apalagi disantap dengan nasi panas.

8. Rendang Belut

Foto: puncakampek.blogsot.com

Sidat atau sering disebut dengan belut adalah ikan yang bentuk tubuhnya menyerupai ular. Rasa dagingnya yang gurih membuat belut juga dapat dibuat rendang. Tertarik untuk mencoba?

Tidak salah, ya ,Guys, kenapa rendang menjadi salah satu makanan yang diakui kelezatannya oleh dunia. Walaupun tidak memakai daging, rendang ini masih tetap enak. Selain itu, rendang tidak berbahan dasar daging ini masih tetap dapat dinikmati dibalik mahalnya harga daging. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.