Hi Takaiters!

Siapa, nih, yang hobi travelling? Travelling itu nggak hanya tentang tempat-tempat indah dan membahagiakan, tetapi juga kesiapan kita menghadapi hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Pengemis, gelandangan, rampok, copet, dan berbagai penipuan lainnya sudah menjadi pemandangan sehari-hari di pusat wisata Paris. Jarang ada turis yang bisa menebak apakah seseorang itu warga lokal, turis ataupun pelaku kriminal. Tetapi, para pencopet yang biasa beraksi di Paris sudah hafal yang mana warga lokal dan yang mana pendatang. Hal tersebut tentu sangat merugikan para turis yang sengaja datang ke Paris untuk menikmati keindahan kota romantis ini.

Takaiters, jangan hanya karena pencopet, niatmu mengunjungi Paris jadi batal. Agar perjalananmu di Paris aman terkendali, coba ikuti 7 tips berikut ini.

1. Jangan jalan sendirian setelah jam 11 malam

Foto: www.ecotripsos.com

Paris adalah kota yang tidak pernah tidur. Namun, Paris sangat berbahaya diatas pukul 11 malam. Jika siang hari saja para pencopet dan rampok tidak segan-segan mengganggu ketenangan para wisatawan, apalagi di malam hari saat jalanan mulai sepi. Sebisa mungkin hindari keluar diatas pukul 11 malam saat berwisata di Paris dan usahakan tiba di Paris saat hari masih terang.

2. Hindari penjual souvenir yang memaksa

Foto: www.pinterest.de

Bukan tempat wisata namanya jika tidak ada penjual souvenir. Begitupun dengan Paris yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Namun, sayangnya banyak penjual souvenir abal-abal yang perlu kamu waspadai. Penipuan berkedok jualan souvenir ini bukan hal baru di Paris. Biasanya penjual souvenir abal-abal ini tidak memiliki toko, mereka umumnya berdiri di pinggir jalan dan memaksa para wisatawan membeli barang dagangannya yang ujung-ujungnya minta uang lebih. Sebelum hal tersebut terjadi, hindari penjual souvenir semacam ini.

3. Hindari peminta sumbangan

Foto: www.corporatetravelsafety.com

Banyak cara yang dilakukan para pendatang di Paris untuk mendapatkan uang secara cepat dan instan. Selain penjual souvenir abal-abal, di Paris juga banyak peminta sumbangan dengan tampilan yang meyakinkan. Mereka berpakaian rapi, menunjukkan dokumen tentang sebuah badan amal. Biasanya mereka akan memberikan sebuah kertas dan wisatawan diminta menuliskan nama dan sejumlah nominal uang yang pada akhirnya mereka akan memaksa wisatawan untuk memberikan sumbangan dengan jumlah uang tertentu.

Jika melihat orang menyodorkan kertas dan mengatakan untuk badan amal tertentu, sebaiknya hindari saja. Ini bukan soal pelit, melainkan keamanan karena saat kamu sudah masuk jeratan mereka, akan susah untuk mengelak. Akan lebih aman jika memberikan sumbangan kepada badan amal yang jelas asal usulnya ataupun orang miskin yang sudah kita kenal.

4. Jangan terlihat kebingungan

Foto: thesawybackpacker.com

Para penipu dan pencopet di Paris sudah hafal yang mana turis dan yang mana penduduk lokal. Jangan sekali-kali terlihat kebingungan, meskipun kamu sedang bingung mencari arah jalan karena memang nama-nama jalan di Paris semuanya mirip-mirip. Sekali saja kamu terlihat kebingungan, kamu akan menjadi target para kriminal Paris.

5. Jangan memamerkan barang berharga

Foto: www.pinterest.de

Tidak perlu memamerkan barang berharga saat di Paris karena itu sama saja dengan mengundang para penjahat untuk mengambil barangmu.Bersikaplah biasa-biasa saja dan tidak perlu menunjukkan bahwa kamu kaya dan barang-barangmu mewah. Jika membawa kamera, sebaiknya kalungkan di leher. Jika menggunakan handphone untuk mengambil foto, segera simpan ponselmu setelah selesai foto-foto. Jangan taruh ditempat yang mudah dijangkau perampok. Sedikit saja lalai, barang-barangmu bisa hilang dalam sekejap.

6. Letakkan tas dibagian depan

www.youtube.com

Umumnya wisatawan pasti membawa tas saat bepergian. Biasanya tas ransel belakang menjadi pilihan banyak orang karena lebih simple dan praktis membawanya dibandingkan dengan tas tenteng. Tetapi di Paris justru berbahaya menggunakan tas ransel belakang karena akan mempermudah para pencopet menggeledah isi tasmu dan mengambil isinya. Sebaiknya letakkan tas dibagian depan tubuhmu agar terus terjaga.

7. Jangan mudah tergoda rayuan wanita cantik atau pria tampan

Foto: theviennesegirl.com

Paris tak hanya romantis, melainkan juga dihuni oleh orang-orang berwajah rupawan. Don’t judge a book by its cover. Pepatah ini tampaknya cocok untuk menggambarkan orang-orang berwajah cantik dan tampan di Paris karena mereka perlu kamu waspadai. Biasanya mereka berkelompok. Yang cantik atau tampan akan datang mengajakmu bicara. Mereka akan berusaha membuatmu tergoda dengan kata-kata mereka, sementara teman satu komplotannya akan beraksi mengambil barang-barang berhargamu. Jadi, sebaiknya tidak perlu terlalu ramah terhadap orang yang kamu jumpai di Jalanan Paris.

Takaiters, sekarang kamu tidak perlu takut untuk datang ke Paris. Paris akan selalu menjadi kota cantik nan romantis yang menjadi bucket list banyak orang.