Aloha, Takaiters!

Bisa memenangkan lomba blog untuk sebagian orang adalah impian. Bagi seorang blogger pemula mengikuti lomba blog selain menguji kemampuan juga untuk menambah pengalaman. Ada kalanya setelah berkali-kali mengikuti lomba, blogger pemula merasa kecewa karena ketatnya persaingan (pengalaman pribadi :D).

Yuk, kita simak tips kece berikut untuk memenangkan lomba blog atau penulisan:

1. Menulis dari Hati

Foto:pexels.com

Anggap blog adalah taman bermain. Tidak ada aturan yang mengekang untuk berekspresi dalam artian positif. Free your mind, pembaca adalah teman yang asyik sehingga penulis bisa bebas mencurahkan isi hati.

2. Unique atau Original

Foto: pexels.com

Setiap orang punya gaya tersendiri dalam menulis. Penulisan apa adanya sesuai dengan pribadi penulis lebih disukai daripada meniru gaya penulisan orang lain.

3. Story Telling

Foto: technomusk.com

Menulislah dengan mengalir namun penulis tahu arah yang dituju. Mulai dari hal-hal keseharian di lingkungan sekitar. Kembangkan menjadi ide dan tuangkan dalam tulisan yang luwes. Seperti beriklan namun mengambil dari sudut pandang lain. Sentuh perasaan pembaca dari cerita yang membumi.

4. Tampilan Blog yang Clean dan Chick

Foto: pixabay.com

Pilihlah template blog yang simple dengan background berwarna putih. Sehingga pembaca fokus hanya pada tulisan saja. Tampilan yang penuh dan susah terbaca menyebabkan pengunjung blog tidak betah berlama-lama.

5. Upgrade Ilmu

Foto: pexels.com

Ilmu terus berkembang Takaiters. Jangan terlena dengan ilmu yang sudah dipelajari. Tulisan yang penulisnya berilmu tentu bobotnya berbeda dengan yang β€˜mager’ (seperti saya hehehe).
Sering-sering blog walking ke blog-blog keren yang penulisnya dibayar jutaan untuk sebuah artikel πŸ˜€

6. Konten Berfaedah

Foto: globalyoungvoices.com

Biarpun bercerita mengenai keseharian penulis yang mungkin menurut orang lain tidak penting, tapi kalau dikemas cantik dari sudut pandang berbeda tentu membuat artikel menjadi lebih bernilai. Ditambah dengan data pendukung yang valid, blog content dapat memberi manfaat lebih bagi pembacanya.

7. Judul yang Captivative

Foto:visionweb.com.br

Duh, ini yang sering terlupakan. Judul yang menarik merupakan kunci atas keberhasilan sebuah tulisan dibaca atau tidak. Latihan terus untuk dapat membuat judul yang sepersekian detik dapat memenjara mata sehingga secara refleks otak memerintahkan untuk membaca artikel sampai selesai.

Lebih lanjut, blog yang mumpuni secara tulisan dan tampilan dapat menarik banyak pengunjung. Hal ini sangat baik sebagai penunjang portofolio. Tidak heran ke depannya tawaran pekerjaan menulis akan berdatangan. Silakan mengambil manfaatnya dan keep on writing!