Hola, Takaiters!

Hampir semua orang ingin kuliah di luar negeri. Cita-cita setinggi langit memang perlu, Guys. Tetapi keinginan saja ternyata tidak cukup. Selain terkendala biaya yang cukup besar, kamu juga perlu berusaha lebih keras daripada yang lain.

Selain bisa menempuh pendidikan yang lebih baik, kesempatan mengembangkan jaringan yang semakin luas juga jadi alasan kenapa banyak mahasiswa bermimpi terbang ke luar negeri.

Sayangnya, biaya memang sering jadi kendala. Nah, supaya keinginan kamu bukan hanya sekadar mimpi, mending kamu coba wujudkan dengan mengejar beasiswa. Meski terbilang sulit, dengan kegigihan serta semangat kamu, beasiswa itu bukan mustahil untuk kamu dapatkan.

Di bawah ini ada 7 tips jitu yang bisa kamu coba untuk mendapatkan beasiswa idaman kuliah di luar negeri. Apa saja, ya? Kita bahas satu-persatu ya, Guys!

Mimpi dan motivasi kuat menjadi perpaduan yang pas bagi kamu yang ingin sukses meraih impian

beasiswa kuliah luar negeri
Foto: pexels.com

Bermimpi itu gratis, punya keinginan itu tidak harus membayar dengan sejumlah uang, lalu kenapa kamu takut banget untuk bermimpi? Padahal, impian yang terpatri di dalam hati kamu itulah yang kelak akan terwujud satu-persatu.

Doa orang tua, doa kamu bahkan guyonan orang-orang di sekitar kamu itu juga bisa menyumbangkan bagian puzzle tak utuh yang kelak akan menyempurnakan impian kamu. Jangan takut bermimpi, Guys. Catatlah mimpi kamu di tempat yang mudah dilihat. Dengan begitu kamu akan selalu ingat apa yang mesti dikejar.

Jika sudah punya mimpi, jangan menunggu motivasi dari orang lain. Jika orang lain sudah tidak bisa support kamu, mimpi itu pun akan kandas di tengah jalan. So, kamu sendirilah yang harus memotivasi diri sendiri. Supaya nyala di hati kamu tetap hangat, tidak padam meski semua orang tak peduli.

Meski nilai di atas kertas bukan prioritas, tetapi orang yang nomor satu dalam bidang akademis tentu akan dipertimbangkan

beasiswa kuliah luar negeri
Foto: pexels.com

Jika kamu masih sekolah dan punya kesempatan untuk memperbaiki nilai akademis, maka jangan sia-siakan itu, Guys. Sebagian pemberi beasiswa bahkan mengharuskan pelamarnya memiliki nilai akademis yang gemilang.

Jangan anggap remeh nilai akademis kamu, ya. Maksimalkan saja semuanya supaya jalan menuju ke sana semakin terbuka lebar dan mudah kamu raih.

Menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris adalah prioritas bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri

beasiswa kuliah luar negeri
Foto: pexels.com

Kamu pasti sadar betul, ketika punya keinginan kuliah di luar negeri, menguasai bahasa asing adalah suatu hal yang sangat penting. Komunikasi ibaratnya denyut nadi yang tak mungkin terpisahkan dalam kehidupan kamu. Jadi, pastikan kamu sudah menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris, Guys.

Nah, Kamu bisa berlatih TOEFL dan IELTS via online. Jadi lebih mudah ‘kan, Guys?

Jangan hanya mengandalkan otak encer, kamu juga butuh pengalaman berorganisasi serta kegiatan sosial

beasiswa kuliah luar negeri
Foto: pexels.com

Guys, pintar saja rupanya tidak cukup, lho. Sebagian pemberi beasiswa juga mencari mereka yang punya pengalaman berorganisasi. Kamu bisa mengikuti organisasi sekolah seperti OSIS. Cukup simpel ‘kan?

Selain itu, jangan segan-segan membantu dalam berbagai macam kegiatan sosial. Ini bisa jadi nilai plus buat kamu, lho. Pengalaman ini wajib kamu miliki terutama jika kamu mengincar beasiswa dari Amerika serta Eropa. Tidak terlalu repot juga ‘kan untuk diwujudkan?

Pilihan Editor



Letter of recommendation perlu banget, lho, Guys. Kamu harus mendapatkannya dari orang yang tepat dan sangat mengenal kamu

beasiswa kuliah luar negeri
Foto: pexels.com

Surat rekomendasi ini sebaiknya dibuat oleh mereka yang sudah cukup mengenal kamu, Guys. Supaya hasilnya menarik dan tentu saja bersifat personal. Kamu bisa mendapatkannya dari staf pengajar.

Nah, surat rekomendasi atau letter of recommendation ini diperlukan bagi pemberi beasiswa untuk mengetahui rekam jejak pelamarnya. Sudah tahu siapa orang yang tepat untuk memberikan surat rekomendasi buat kamu?

Jangan berhenti berlatih sebelum interview jika kamu sudah memastikan lolos dalam seleksi administrasi lewat CV

beasiswa kuliah luar negeri
Foto: pexels.com

Siapa pun kamu, sepandai apa pun, pasti akan merasa gugup saat harus menjalani tes wawancara. Nah, untuk menghindari banyak kesalahan saat interview, kamu bisa berlatih sebelum waktunya tiba, Guys.

Bicara dengan bahasa asing tentu adalah hal yang sulit jika sejak awal kamu tidak membiasakan diri. Setelah kamu yakin benar-benar ingin kuliah di luar negeri, kamu pun harus terbiasa menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan sederhana ini bisa membuat kamu lebih siap saat tes wawancara bersama panelis dari negara yang memberikan beasiswa.

Setelah berusaha, berdoa adalah penutup yang sangat manis, Guys

tip meningkatkan semangat kerja
Foto: pexels.com

Guys, berdoa dengan yakin dan tiada lelah tentu menjadi tugas kamu selanjutnya. Jika usaha sudah sekuat baja, maka saat ini kamu hanya tinggal memohon supaya ada kesempatan emas yang bisa kamu dapatkan.

Jika kesempatan pertama kamu hilang, jangan menyerah, Guys. Sah-sah saja kok mengulanginya lagi. Usaha lagi, usaha terus hingga impian kamu benar-benar menjadi nyata.

Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan emas ini, ayo perjuangkan mulai sekarang, Guys!