Halo, Takaiters!

Tanggal 4 Maret 2018 yang lalu, bertempat di Dolby Theatre, California, even Academy Awards ke-90 sukses diselenggarakan. Meskipun sudah berlangsung puluhan tahun, Oscar tetap memberikan banyak kehebohan di setiap perhelatannya. Bahkan tak jarang menyisakan beberapa momen terbaik Oscar nan unik yang berkesan hingga tahun-tahun mendatang. Yuk, simak apa aja sih 7 momen terbaik Oscar 2018.

1. Monolog keren dari sang host, Jimmy Kimmel

7 Momen Terbaik dari Oscar 2018
Foto : indiewire.com

Tahun ini merupakan kali kedua bagi Jimmy Kimmel memandu Oscar. Sang host memberi opening speech yang menyindir pada Oscar tahun lalu. Kamu mungkin masih ingat insiden salah sebut Film Terbaik Oscar 2017, yang dilakukan oleh Warren Beatty dan Faye Dunaway. Mereka keliru menyebut La La Land sebagai pemenang, yang mestinya adalah Moonlight.

“Beberapa dari kalian akan membawa pulang Oscar, ketika nama kalian disebut, jangan langsung berdiri. Beri waktu dulu, kita tidak ingin hal canggung lain kembali terjadi”, kata Jimmy Kimmel.

2. Pidato kemenangan Frances McDormand

7 Momen Terbaik dari Oscar 2018
Foto : denofgeek.com

Nih aktris kawakan berhasil membawa pulang Oscar untuk Best Actress berkat perannya sebagai Mildred Hayes di film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri. Pidato kemenangannya sangat berkesan karena menyentil isu lemahnya keberagaman dalam industri film Hollywood, yang disebut Inclusion Rider. Bahkan, McDormand meminta para aktris nominee lain untuk berdiri sambil dia berpidato dengan berapi-api.

3. Kejutan untuk Moviegoers

7 Momen Terbaik dari Oscar 2018
Foto : twitter/jimmykimmel

Jimmy Kimmel, Gal Gadot, Emily Blunt, Giullermo del Toro, dan beberapa aktor dan aktris lainnya, sempat memberikan kejutan dengan datang ke bioskop terdekat sambil membawa Hot Dog Canon dan bagi-bagi Hot Dog. Kedatangan mereka sontak membuat para moviegoers heboh dan juga bakalan membuat iri penonton di rumah.

Jimmy Kimmel menyebutkan, hal ini untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada moviegoers yang menyempatkan diri ke bioskop melihat film-film mereka.

Pilihan Editor



4. Film terbaik Oscar 2018 bergenre Sci-Fi

7 Momen Terbaik dari Oscar 2018
Foto: Forbes.com

Dengan menyabet 13 nominasi, The Shape of Water besutan sutradara Guillermo del Toro akhirnya membawa pulang Oscar sebagai Best Movie. Dan ini kali pertama dalam ajang Academy Awards, sebuah film Science Fiction memenangkan nominasi.

Sang sutradara berharap, dengan kemenangan The Shape of Water bisa mendorong keberagaman jenis film yang diapresiasi Oscar. Penasaran kenapa film ini bisa menang? Ada 5 alasan film The Shape of Water berhasil menang.

5. Ada jetski di panggung Oscar

7 Momen Terbaik dari Oscar 2018
Foto : Getty Images/Kevin Winter

Bukan Jimmy Kimmel namanya kalau tidak membuat panggung heboh. Kali ini dia menggetarkan panggung dengan bagi-bagi hadiah untuk pemenang Oscar yang memberikan pidato terpendek. Dan Mark Bridges, pemenang Best Costume Design lewat Phantom Thread, diganjar hadiah Jetski Motor seharga US$17.999 (Rp249 juta) berkat pidato 6 detiknya.

6. Kemenangan Jordan Peele

7 Momen Terbaik dari Oscar 2018
Foto : Getty Images

Lewat film Get Out, Jordan Peele berhasil membawa Oscar dalam nominasi Best Original Screen Play. Dan dia adalah orang Afro-Amerika pertama yang membawa Oscar dari nominasi ini. Mengalahkan nominator keren lainnya seperti Greta Gerwig (Get Out), Guillermo del Toro-Vanessa Taylor (The Shape of Water), Emily Gordon-Kumal Nanjiani (The Big Sick), Martin McDonagh (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri)

7. Oscar Pertama Garry Oldman

7 Momen Terbaik dari Oscar 2018
Foto : Getty Images

Akhirnya, sang Sirius Black membawa pulang Oscar pertama setelah rentetan peran apik dalam karier keartisannya. Lewat perannya sebagai Winston Churchill dalam The Darkest Hour, Gary Oldman membawa pulang Oscar Best Actor. Finally, yah, Mr. Oldman!

Nah, Takaiters, kira-kira mana momen terbaik Oscar versi Kamu?