Hai, Takaiters!

Iduladha atau sering disebut Idulkurban atau hari raya haji peristiwa dimana nabi Ibrahim AS menyembelih putranya Ismail sebagai baktinya kepada Allah SWT. Tetapi pada saat disembelih Ismail diganti dengan seekor kambing. Maka, sejak saat itu setiap Iduladha disunahkan berkurban bagi yang mampu.

Berikut beberapa menu khas Iduladha diberbagai negara, yaitu:

1. Sate – Indonesia

Hasil gambar untuk sate
Foto: rajakuliner.com

Di Indonesia pada saat Iduladha banyak menu yang dapat diolah menggunakan daging sapi atau Kambing, di antaranya; gulai, sate, Rendang, sop, dan lain-lain. Salah satu menu yang menjadi favorit ada sate. Sate dari daging kambing ini mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan, sehingga sate paling sering diolah pada saat malam hari oleh anak-anak muda untuk merayakan Iduladha.

2. Nalli Nihari – India

Foto: Tribun News

Nalli nihari merupakan sajian khas Iduladha dari Delhi atau Lucknow. Nalli nihari merupakan daging yang dimasak dalam waktu lama, biasanya menggunakan daging kambing atau sapi dengan tulang sumsum. Kemudian, daging diberi bumbu, sayuran segar, dan daun ketumbar.

3. Maamoul – Lebanon dan Yordania

Foto: Tribun News

Maamoul merupakan kue empuk bermentega yang diberi isian kurma, kacang walnut, kacang pistachio, gula, dan air mawar. Maamoul ini adalah kue yang merupakan ciri khas disuguh pada hari raya Iduladha di Lebanon dan Yordania.

Pilihan Editor



4. Boulfaf – Maroko dan Tunisia

Gambar terkait
Foto: marieclaire.fr

Pastinya Takaiter’s masih jarang mendengar makanan yang bernama Boulfaf. Makanan ini merupakan sajian yang kerap muncul disaat Iduladha di negara Afrika Utara seperti Maroko dan Tunisia. Boulfaf ini berbahan dasar dari hati kambing yang dimasak dengan cara dibakar, pasti rasanya sungguh nikmat, bukan?

5. Nasi Maqbous – Oman

Foto: Tribun News

Nasi maqbous merupakan sajian Iduladha dari Oman. Nasi ditambah safron dan bumbu rempah-rempah serta dimasak di atas daging yang pedas. Saffron adalah jenis rempah yang langka, usianya mencapai tiga ribu tahun, dan harus dipilih dengan cermat sebelum dimasak.

6. Tagine – Afrika Utara

Foto: landsandflavors.com

Tagine adalah merupakan makanan yang berasal dari Afrika Utara. Dimana makanan rebusan ini dimasak dengan menggunakan keramik tanah liat yang tahan panas. Cara memasaknya sungguh mudah dengan memasukkan seluruh bahan ke dalam tagine, kemudian makanan tersebut dikukus agar menciptakan rasa yang nikmat. Tutup kerucut inilah menciptakan kelembapan di dalam wadah, sehingga kualitas daging tetap terjaga kelembapannya dan kelezatannya.

7. Ma’ amoul – Timur Tengah

Hasil gambar untuk Ma' amoul
Foto: shamkitchen.ca

Ma’amoul bukan makanan yang berbahan dasar daging, namun makanan manis yang satu ini terbuat dari campuran kacang dan tepung. Selain itu pada bagian dalamnya diisi dengan kurma.

Demikian Takaiters makanan khas yang terdapat diberbagai negara. Semoga dapat menambah perbendaharaan menu dan Takaiters mencobanya sebagai alternatif menu yang sudah biasa disantap, tertarik untuk mencoba?