Hallo, Takaiters!

Siapa di antara kamu yang pernah traveling ke Turki? Yup, negara yang sangat eksotis ini rupanya menyimpan banyak kuliner khas yang tak bisa kamu lewatkan begitu saja, lho. Di Turki, kamu bisa menyantap berbagai macam kuliner lezat serta kudapan yang yummy banget!

Setiap tempat memang punya ciri khasnya sendiri, ya, Guys. Tak terkecuali Turki. Dan ini dia 7 kuliner khas Turki yang wajib  kamu coba. Kita bahas satu persatu, yuk!

1. Turkish Delight

Foto: stayathomemum.com.au

Turkish Delight ini ibaratnya dodol atau mocinya orang Indonesia, lho, Guys! Kamu bisa menemukan toko-toko di beberapa tempat wisata yang menjual manisan khas Turki satu ini. Turkish Delight ini terbuat dari gel pati serta gula atau madu. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari kubus hingga bundar. Yang spesialnya lagi, Turkish Delight juga diberi campuran kacang-kacangan di dalamnya. Rasanya lebih enak karena ditambah perasa buah-buahan seperti lemon dan mint. Kamu harus coba, lho, Guys!

2. Kastanye

Foto: howtoistambul.com

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata di Turki, kamu bisa menemukan kastanye bakar yang enak banget! Kastanye atau chesnut ini punya ukuran sebesar beton nangka dan berwarna cokelat seperti biji salak. Kamu bisa menyantap kastanye bakar saat musim dingin, lho. Dijamin ketagihan, deh!

3. Simit

Foto: style.tribunnews.com

Saat kamu berkunjung ke Turki, kamu bisa melihat para pedagang kaki lima yang tidak hanya menjual jagung bakar dan kastanye bakar, tetapi juga menjual roti bentuk lingkaran yang disebut simit.

Simit punya tekstur kering dan keras, lho, Guys. Jangan kira roti ini seempuk donat, ya. Tetapi, taburan wijen dan olesan cokelat Nutella di dalamnya membuat roti ini spesial banget. Kamu juga bisa menikmati simit bersama teh khas Turki yang disebut cay.

4. Dondurma

Foto: andywlms.com

Seperti halnya simit dan kastanye, kamu juga bisa menemukan penjual es krim khas Turki yang disebut dondurma. Para pedagang es krim di Turki akan menjual es krimnya dengan cara yang unik banget, lho, Guys. Penjual menyajikan es krim dengan tongkat besi sambil melakukan atraksi hingga pembeli tertawa.

Nah, rupanya dondurma ini dibuat dengan bahan yang berbeda dengan es krim yang sering kamu konsumsi, lho. Dondurma cenderung padat dan tidak mudah meleleh disebabkan adanya tambahan berupa salep dan getah pohon mastic. Salep yang dimaksud bukan salep gatal-gatal, ya, Guys. Salep ini merupakan tepung yang terbuat dari anggrek ungu yang mulai langka. Menarik sekali, ya.

5. Roti Pide

Foto: sekolahumroh.com

Roti yang mirip banget dengan pizza ini rupanya hanya ada di bulan Ramadhan, lho, Guys. Roti pide ini juga punya aneka topping seperti sosis, daging sapi serta aneka topping lezat lainnya. Jika berkunjung ke Turki saat bulan puasa, kamu harus mencobanya, ya.

6. Sarma

Foto: goreme.com

Jika di Indonesia kamu biasa menemukan lemper atau nagasari, maka di Turki kamu bisa menjumpai Sarma. Sarma biasanya berisi daging, nasi, bumbu seperti bawang merah atau bahkan hanya berupa sayuran serta buah-buahan. Uniknya, sarma ini dibungkus dengan daun anggur berukuran lebar, lho.

7. Kofte

Foto; selerasa.com

Kamu bisa membayangkan sate buntel khas Jogja ketika mendengar nama kofte. Makanan khas Turki satu ini terbuat dari campuran daging sapi dan kambing yang sudah dihaluskan. Kamu bisa menikmati kofte bersama saus dip yang lezat. Jadi ngiler, kan?

Itulah 7 kuliner khas Turki yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Di Indonesia, kamu juga bisa menemukan sebagian kuliner tersebut ketika mengunjungi restoran yang menyajikan menu orisinil khas Turki. Jadi, nggak perlu jauh-jauh terbang ke sana, ya, Guys!