Hi, Takaiters!

Ginjal merupakan organ yang memiliki tugas berat. Diantaranya yaitu menyaring darah, memproduksi hormon, menghasilkan urin, dan membuang racun pada makanan. Sudah seharusnya kita menghargai tugas berat ginjal dengan menjaga pola makan dan hidup agar ginjal kita tetap terjaga dan tidak rusak.

Takaiters, yuk, kita jaga kesehatan ginjal kita dengan menghindari 7 hal berikut ini!

1. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Foto: www.fid-gesundheitswissen.de

Alkohol merupakan minuman yang penuh kontroversi. Banyak yang anti dengan minuman mengandung alkohol, namun tak sedikit pula yang mengaguminya dan mengkonsumsinya secara berkala. Pada kenyataannnya mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa mengubah kinerja ginjal.

2. Menahan Buang Air Kecil

Foto: www.noonecares.com

Banyak orang sering menunda-nunda buang air kecil meskipun sudah ada desakan dari dalam. Menahan buang air kecil dan membiarkan urin tetap berada dalam kandung kemih terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan parah pada ginjal. Selain itu, menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal yang akhirnya menyebabkan si penderita harus dioperasi.

3. Dehidrasi

Foto: www.eltiempoenchivilcoy.com

Kurang mengkonsumsi air mineral setiap harinya dapat menghambat kinerja ginjal. Ginjal menjadi lumpuh dan tidak mampu membuang racun dari dalam tubuh karena salah satu fungsi ginjal adalah untuk menghilangkan racun dan limbah sisa metabolisme tubuh. Bahkan, jika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal bisa sampai rusak parah.

Pilihan Editor


4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

www.saltopiasalts.com

Tubuh kita membutuhkan natrium yang terdapat dalam garam, namun sodium merupakan musuh bebuyutan ginjal. Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menaikkan tekanan darah dan dengan mudah menyebabkan berbagai gangguan ginjal. Mengonsumsi garam yang sehat yaitu tidak lebih dari 5 gram per harinya.

5. Terlalu Banyak Minum Kopi

Foto: www.theodysseyonline.com

Ginjal sangat akrab dengan stres, kebanyakan disebabkan oleh kafein yang terdapat di dalam kopi. Dalam kasus seperti ini, penderita akan mulai mengalami gagal ginjal dimana tekanan darah akan naik.

6. Kurang Tidur

Foto: samadimd.com

Tidur malam yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pada malam hari tubuh melakukan perbaikan terhadap jaringan-jaringan tubuh yang rusak, termasuk ginjal. Kurang tidur, dan kebiasaan tidur yang tidak teratur dapat membahayakan ginjal. Jaringan-jaringan didalam tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

7. Mengonsumsi Gula secara Berlebihan

Foto: www.haushaltstipps.net

Rutin mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan kandungan protein berlebihan dalam urin. Protein yang terdapat dalam urin tersebut merupakan pertanda awal gagal ginjal karena ginjal sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Takaiters, sayangi ginjalmu karena harga ginjal semakin hari semakin melambung.