Hai, Takaiters!

Hari Raya Iduladha sebentar lagi akan tiba. Pastinya stok daging di lemari pendinginmu akan menumpuk dan penuh sesak, ya, Guys. Biasanya, kamu akan mengolahnya menjadi menu yang populer banget saat lebaran Iduladha tiba, sate. Yap! Hampir semua orang beramai-ramai menyalakan arang di atas tungku. Menata barisan tusuk sate daging kambing yang telah dilumuri bumbu. Ritual seperti ini memang sangat identik dengan lebaran Iduladha, tetapi apakah daging sebanyak itu hanya dimasak menjadi sate saja, Guys?

Supaya kamu enggak bosan, kamu bisa mencoba beberapa menu spesial yang terbuat dari daging berikut ini. Kira-kira mana yang jadi favorit kamu, Guys?

Tongseng Kambing

menu kreasi iduladha
Foto: resepkoki

Menu ini pasti sudah tidak asing lagi, ‘kan? Tongseng sebenarnya tidak hanya bisa dibuat dari daging kambing saja, lho. Kamu juga bisa menggunakan daging sapi ataupun ayam. Ketiganya sama-sama enaknya. Tapi, tongseng kambing memang jauh lebih populer.

Menu bersantan ini biasanya terdiri dari rempah-rempah yang cukup kuat, irisan cabai rawit, irisan kol, tomat, dan potongan daging kambing yang sudah empuk. Rasanya jangan ditanya, menggoda banget dan bikin ngiler.

Bakso

menu kreasi iduladha
Foto: resepkoki

Wah, sayang banget, ‘kan kalau stok daging sapi di lemari pendinginmu sampai diabaikan. Gimana kalau kamu olah menjadi bakso sapi yang tidak hanya disukai oleh orang dewasa, tetapi juga digemari oleh anak-anak.

Membuat bakso tidaklah sulit, Guys. Kamu hanya butuh beberapa bahan seperti putih telur, bawang merah goreng, bumbu sederhana seperti bawang putih dan merica butir, tepung tapioka, dan pastinya daging sapi yang fresh. Semua bahan bisa kamu haluskan menjadi satu dan bulatkan.

Semur Daging Sapi

menu kreasi iduladha
Foto: masakapahariini.com

Semur daging sapi merupakan salah satu jenis kuliner dengan cita rasa manis. Menu satu ini biasanya tidak hanya berisi daging sapi, tetapi juga ada tambahan lainnya seperti kentang ataupun tahu. Kamu juga bisa menambahkan potongan tomat supaya semur buatanmu jadi lebih segar, Guys. Proses pembuatan menu satu ini juga tidak terbilang sulit. Jadi, kamu bisa langsung praktik di rumah, lho.

Pilihan Editor



Tengkleng Kambing

Foto: openrice.com

Menu satu ini benar-benar populer karena rasanya yang gurih dan nikmat banget, Guys. Menu kuliner khas Solo ini memang sedikit mirip dengan gulai. Perbedaan terletak pada penggunaan santan di dalamnya. Tengkleng kambing tidak memakai santan sehingga rasanya lebih ringan di lidah.

Biasanya, olahan tengkleng kambing ini lebih banyak memakai bagian jerohan dan tulang ketimbang dagingnya, Guys. Karena direbus hingga empuk dan bumbu meresap, cita rasa dari menu satu ini pun tak tertandingi lezatnya.

Bola-bola Daging

menu kreasi iduladha
menu kreasi iduladha

Selain bakso, kamu juga bisa membuat menu bola-bola daging yang tak kalah lezatnya, lho. Supaya bola-bola dagingmu tidak mudah hancur, gunakan telur atau tepung sebagai perekat, rebus atau tumis sebentar sampai permukaannya berubah warna, dan jangan terlalu sering mengaduknya supaya tidak hancur, Guys. Gimana, mudah juga, ‘kan membuatnya?

Abon

Foto: resepkoki

Menu penyelamat satu ini bisa dijadikan ide menarik untuk mengolah daging kurban, lho. Buatlah abon yang benar-benar kering supaya kamu bisa menyimpannya lebih lama. Meskipun cukup merepotkan, tetapi menyantap masakan buatan sendiri itu rasanya lebih istimewa, lho. Apalagi jika semua anggota keluarga menyukainya, lelahmu tak berarti lagi, Guys.

Daging Lada Hitam

Foto: tripadvisor

Nah, kuliner khas restoran ini ternyata bisa juga kamu buat di rumah, lho. Menu satu ini memang cukup menarik untuk dicoba. Supaya rasanya lebih nikmat, kamu butuh marinade daging selama kurang lebih satu jam. Daging khas dalam lebih cocok dibuat menjadi menu ini. Dan satu lagi, kamu harus mengirisnya menjadi bagian yang tipis, Guys.

Jika ingin cita rasa lada hitam yang kuat, gunakan lada hitam yang masih fresh dan tumbuk kasar. Tambahan beberapa jenis saus menjadikan menu ini spesial banget untuk kamu coba.

Itulah 7 ide kuliner saat lebaran Iduladha yang bisa menyelamatkan stok dagingmu yang menumpuk. Yuk, dicobain, biar lebaran kamu tahun ini jadi berbeda dengan beragam kuliner yang super yummy ini!