Hai, Takaiters!

Saat ini, kedai-kedai kopi sudah banyak bermunculan di mana-mana. Para pencinta kopi benar-benar dimanjakan banget oleh kehadiran mereka. Yap! Seperti yang kamu tahu, biji-biji kopi pertama kali ada di Ethiopia, kemudian disebarkan oleh para pedagang Arab yang punya negara dengan lini perdagangan yang sangat kuat pada masa itu. Sejak saat itulah, biji-biji kopi kemudian dikenal oleh negara-negara lainnya.

Tahukah kamu, rupanya ada fakta-fakta unik dan menarik tentang kopi yang jarang diketahui? Jangan ngaku menjadi pencinta kopi kalau belum tahu 7 fakta ini, ya!

Tidak hanya nikmat, kopi juga punya banyak manfaat bagi tubuh

Foto: aarp.org

Menyesap secangkir kopi di pagi hari tentu menjadi rutinitas tak tergantikan. Tahukah kamu jika kopi yang kamu sukai rupanya punya banyak manfaat bagi kesehatan?

Kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi, lho. Antioksidan di dalam biji kopi berguna untuk menangkal radikal bebas serta mampu menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson yang belum diketahui obatnya. Bukan hanya itu, para pencinta kopi yang rutin minum kopi dalam jumlah normal juga bisa dijauhkan dari risiko penyakit diabetes Tipe II serta masalah jantung yang sangat merugikan.

Yang perlu kamu ingat, konsumsilah kopi dalam jumlah wajar. Semua yang berlebihan pastinya membawa efek buruk meskipun sebenarnya itu baik. Begitu juga dengan kopi. Minum kopi secara rutin dalam jumlah normal rupanya tidak akan membuat kamu dehidrasi. Justru kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang tak bisa didapat dari minuman lainnya.

Kopi Sidikalang di Sumatera Utara sangat populer dan memiliki nilai sejarah

Foto: minumkopi.com

Tahukah kamu kenapa kopi Sidikalang yang ditanam di Sumatera Utara ini begitu populer bahkan disebut turut menyimpan sejarah, Guys?

Zaman kolonial Belanda, biji kopi Arabika pertama kali didatangkan langsung dari Yaman untuk ditanam di Indonesia. Sidikalang yang merupakan nama daerah di Dairi yang terletak di Sumatera Utara ini menjadi salah satu lokasi pertama ditanamnya biji kopi pada masa tanam paksa saat itu. Jadi, enggak heran jika kopi Sidikalang sangat populer dan memiliki nilai sejarah mengingat usianya yang sudah ratusan tahun.

Minum kopi tidak akan membuat program dietmu berantakan

Foto: ultrasawt.com

Yap! Minum kopi justru dapat membantu kamu menurunkan berat badan, lho, Guys. Kandungan nutrisi di dalam kopi diketahui mampu membakar lemak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kafein bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Tapi, ingat, ya, Guys, konsumsilah secara wajar dan pastinya tanpa tambahan gula.

Minum kopi di saat yang tepat mampu membuatmu terhindar dari rasa kantuk

Foto: carwad.net

Peneliti menemukan fakta bahwa minum kopi di siang hari yang dilanjutkan dengan tidur selama 15 menit akan membuatmu terjaga setelahnya, lho. Kalau kamu mau merasakan manfaat minum kopi yang sebenarnya, cobain deh minum kopi saat istirahat siang. Tapi, ingat, ya, melanjutkan tidur cukup 15 menit saja, jangan kebablasan!

Uniknya, di antara 50 negara bagian Amerika Serikat, cuma Hawaii yang bisa ditumbuhi kopi, lho

Foto: shakatime.com

Kamu harus banyak bersyukur, Guys. Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi berkualitas, bahkan yang termahal sekalipun lahir dari negeri kita tercinta. Salah satunya adalah kopi luwak yang bisa mencapai Rp 2 juta per 500 gram.

Sedangkan di Amerika Serikat, biji kopi rupanya tidak bisa tumbuh kecuali di Hawaii. Bayangkan saja, di antara 50 negara bagian Amerika Serikat, cuma satu yang bisa ditanami biji kopi, lho. Berbeda sekali dengan Indonesia, bahkan di teras rumah saja pohon kopi bisa rimbun, ya!

Kopi akan terasa nikmat jika diminum dengan cara yang tepat

Foto: bp-guide.id

Apakah kamu tahu bagaimana cara minum kopi yang tepat? Yap! Caranya dengan diseruput, Guys! Dengan cara ini, mulut bisa menyesuaikan rasa yang berbeda dari kopi. Minumlah sedikit demi sedikit supaya kamu dapat menikmatinya dan jangan sampai lewat dari 15 menit. Mendiamkan kopi lebih dari itu rupanya bisa menghilangkan nikmatnya, lho. Bahkan standar menikmati kopi yang banyak dikenal menyebutkan akan jauh lebih baik jika kamu menyeruputnya dalam keadaan panas, sebab setelah 2 menit berlalu, secangkir kopi di hadapan kamu sudah kehilangan 70% rasanya, Guys.

Kopi dapat menurunkan kerja obat-obatan yang kamu konsumsi

Foto: hellosehat.com

Jadi, jauhi minum kopi bersamaan dengan mengonsumsi obat-obatan, ya, Guys. Kafein yang terkandung di dalam kopi rupanya bisa melemahkan kerja obat-obatan tertentu. Termasuk obat stres, obat bius, serta obat anti depresi.

Meskipun satu hingga dua cangkir kopi masih dianggap wajar dan boleh saja diminum bersama obat-obatan jenis lainnya, akan jauh lebih baik jika sementara waktu kamu berhenti dulu mengonsusi kopi hingga kamu benar-benar sehat.

Itulah beberapa fakta unik kopi yang harus diketahui oleh pencinta kopi. Minumlah kopi dengan jumlah yang wajar supaya kamu tidak hanya bisa merasakan nikmatnya, tetapi juga mendapat manfaatnya bagi tubuh. Segala sesuatu akan berdampak buruk jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, karena itu, sewajaranya saja meskipun kamu begitu cinta!