Hai, Takaiters!

Apakah kamu pernah berkunjung ke pulau yang paling kecil di dunia? Dan, apa kamu tahu kalau pulau terkecil itu ada di Kalimantan Barat Indoneisa?

Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim dengan ribuan pulau yang mengelilinya. Selain itu, Indonesia juga mempunyai pulau yang terkenal di dunia nan eksotik yaitu pulau Simping.

Ketahuilah, pulau Simping terletak di Kalimantan Barat. Pulau Simping berada tidak jauh dari di kota Singkawang tepatnya di wilayah Singkawang Selatan, hanya sekitar 20 menit dari kota Singkawang dan pulau ini berada di kawasan pantai Sinka.

Masyarakat di sekitar pulau Simping menyebut pulau ini pada mulanya besar, namun karena kondisi alam, pulau Simping mengalami abrasi dan terus mengecil. Dari beberapa sumber menyebutkan beberapa fakta yang meliputi pulau Simping. Berikut 7 fakta pulau Simping:

1.  Penemuan Pulau Simping

Foto: Backpacker Jakarta.com

Penemuan pulau simping, menurut sumber traveling.yuk bermula dari aktivitas seluruh lurah dan kepala desa se-kota Singkawang mendata jumlah pulau.

Pilihan Editor


2. Kondisi Fisik Pulau Simping

Foto: puttrinurainisp.besaba.com

Pulau yang tercatat pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini terdiri dari batuan yang ditumbuhi pepohonan dan hamparan pasir.

3. Pulau Berpenghuni

Foto: travel.tribunnews.com

Pulau Simping tadinya pernah dihuni oleh warga Singkawang namun karena abrasi, lambat laun penduduk pindah ke tempat lain.

4. Menjadi Tempat Ibadah

Foto: sukadiklik.blogspot.com

Kota Singkawang terkenal dengan kota Amoy, karena sebagian penduduknya terdiri dari warga Tionghoa. Pulau Simping  rupanya pernah menjadi salah satu tempat ibadah warga Tionghoa yang berada di sekitar pulau Simping. Terbukti, di pulau Simping terdapat Klenteng.

5. Pulau yang Diakui dan Tercatat di PBB

Foto: swiss-belhotel.com

Jika memasuki pantai Sinka yang menjadi pintu masuk menuju pulau Simping, Takaiters akan menemukan papan plang yang berbunyi “Tahukah Anda …?? Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia dan telah diakui dan tercatat di PBB. Mari lestarikan alam kita ….”

6. Pulau Simping sebagai Destinasi Wisata

Foto: wisatafotografi.net

Hingga kini, pulau Simping menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat di Singkawang maupun dari daerah lain

7. Menjadi Sumber Pencaharian

Foto: lh3.googleusercontent.com

Pulau Simping tidak sekadar menjadi tujuan wisata, tetapi juga memberikan sumber ekonomi bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.  Masyarakat bisa menjual makanan dan minumannya di pantai Sinka yang letaknya persis di depan pulau Simping.

Bagaimana Takaiters, apakah ingin melihat langsung ke pulau Simping? Yuk, 7 fakta di atas sudah cukup sebagai alasan untuk memantapkan niat berwisata ke sana.