Hai, Takaiters!

Tahun baru Islam atau disebut dengan 1 Muharam selalu diperingati umat Islam di Indonesia. Penyambutan tahun baru Islam ini dilakukan beragam acara dan kegiatan. Dalam menyambut tahun baru ini biasanya ada perayaan unik yang dilakukan beberapa daerah di Indonesia, di antaranya:

1. Bulan Asan-Usen di Aceh

Foto: banjarmasin.trubynnews.com

Masyarakat Aceh dalam merayakan pergantian tahun Islam dengan sejumlah ritual. Hal yang unik dari perayaan ini adalah, setiap keluarga membuat bubur Sura atau bubur kanji Acura yang terdiri dari beras, santan, dan irisan kelapa. Selain itu, masyarakat juga menyediakan buah-buahan seperti pepaya, delima, pisang, tebu, kacang-kacangan, serta umbi-umbian. Berminat mencoba bubur kanji Acura yang gurih ini,Takaiters?

2. Festival Tabuik di Pariaman

Foto: infobudaya.net

Festival Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan di dalam masyarakat Pariaman menyambut bulan Muharam.

Tabuik yang diambil dari bahasa Arab ‘tabut’ bermakna peti kayu. Konon menurut legenda peti kayu yang berisi jenazah Hussein diterbangkan ke langit oleh buraq. Berdasarkan legenda tersebut maka setiap tahun masyarakat Pariaman membuat tiruan buraq yang mengusung tabut dipunggungnya. Akhir dari ritual ini, Tabuik diarak menuju pantai dan dilarung ke laut.

3. Festival Tabot di Bengkulu

Foto: waspada.co.id

Sama dengan festival Tabuik di Pariaman, Festival Tabot untuk mengenang cucu Nabi Muhammad SAW, perayaan Tabot masih mendapat pengaruh dari upacara Karbala di Iran. Masyarakat Bengkulu percaya jika upacara ini tidak dilakukan, akan terjadi musibah atau bencana. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika perayaan ini penuh dengan kegiatan kegiatan ritual dan kolosal.

4. Kirab Kerbau Bule di Keraton Surakarta, Solo

Foto: style.tribunnews.com

Menyambut 1 Muharam, keraton Surakarta mengadakan kirab malam 1 Suro. Ada yang unik dari kirab ini, yaitu hadirnya enam keturunan kerbau bule kesayangan kyai Slamet yang dianggap keramat. Pada malam itu, seluruh masyarakat Solo dan sekitarnya berkumpul di tempat yang akan dilewati kerbau bule tersebut. Masyarakat akan berebut menyentuh tubuh sang kerbau, bahkan, jika sang kerbau membuang kotoran maka kotorannya pun akan diperebutkan oleh warga. Mereka percaya hal ini untuk mendapatkan berkah dari kyai Slamet. Wow…unik, ya!

5. Mubeng Beteng di Keraton Yogyakarta

Foto: vistingjogja.com

Keraton Yogyakarta dalam menyambut 1 Muharam mengadakan ritual Mubeng Beteng. Ritual Mubeng Beteng ini dilaksanakan dengan berkeliling kawasan komplek keraton pada malam hari. Saat upacara ini berlangsung benda-benda pusaka diarak mengelilingi benteng keraton juga. Selama mengelilingi benteng, semua peserta harus melakukan tapa bisu (tidak bicara ataupun bersuara) serta tidak makan, minum, dan merokok. Tertarik untuk ikut?

6. Tradisi Bubur Suro di Jawa Barat

Foto: pikiran-rakyat.com

Tradisi membuat bubur Suro ini dilakukan masyarakat Jawa Barat dalam rangka menyambut bulan Muharam. Bubur Suro terbuat dari beras, santan, jahe, dan sereh. Bagian atas dari bubur ini dihiasi dengan serpihan jeruk bali dan butiran delima serta 7 jenis kacang-kacangan, irisan ketimun, dan daun kemangi. Selain itu, dalam ritual ini juga disajikan kembang Mayang, sirih, dan keranjang berisi buah-buahan. Hmm … rasanya seperti apa, ya, bubur Suro ini?

Beberapa perayaan 1 Muharam di atasberanekaragam, ada yang sederhana dan meriah. Hal yang terpenting dalam menyambut tahun baru ini adalah melakukan doa dan instrospeksi diri, ya, Guys!