jurusan sepi peminatjurusan sepi peminat
Tips

6 Jurusan Kuliah Sepi Peminat, Padahal Peluang Kerjanya Besar Loh!

Foto : 2.bp.blogspot.com

Beberapa hari yang lalu pengumuman SMBPTN sudah keluar, dan seperti yang sudah terjadi dari tahun ke tahun, beberapa jurusan favorit dibanjiri peminat. Akibatnya persaingan masuk ke jurusan itu sangat ketat, sehingga banyak yang harus menelan kecewa mendapati namanya tak lolos SBMPTN.

Sebagian besar calon mahasiswa, memang masih berpikir jika jurusan favorit seperti Ekonomi, Kedokteran dan Teknik Informatika adalah jaminan masa depan cerah mereka. Padahal ada lho guys jurusan yang meski sepi peminat, namun sangat menjanjikan peluang kerja nantinya. Apa sajakah itu? Cekidot!

Ahli Perkapalan

jurusan sepi peminatjurusan sepi peminat

Foto : 2.bp.blogspot.com

Semestinya hal ini sudah jelas kan ya? Negara kita tercinta ini kan berbentuk kepulauan atau maritim, sehingga transportasi kapal akan menjadi hal yang sangat diperlukan. Bahkan bukan hanya transportasi saja, sebagai elemen pertahanan negara, perlindungan wilayah laut juga sangat penting. Sayangnya jurusan ini masih sepi peminat.

PILIHAN EDITOR

Oseanografi

jurusan sepi peminat

Foto : 3.bp.blogspot.com

Sudah pasti karena negara kita berbentuk kepulauan, maka wilayah terbesarnya adalah laut. Kekayaan alam yang besar ini tentu membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang kelautan, yang mana hingga saat ini masih sangat minim. Nah, jika kamu nyemplung ke jurusan ini, sudah pasti kamu akan jadi tenaga ahli langka yang dibutuhkan banyak pihak.

Kehutanan

jurusan sepi peminat

Foto : 4.bp.blogspot.com

Selain laut, Indonesia juga memiliki kekayaan hutan yang sangat luas. Tentu saja sumber daya alam maha besar ini sangat membutuhkan campur tangan tenaga ahli, untuk mengoptimalkan fungsinya. Belum lagi penggunaan lahan hutan secara sembarangan yang banyak terjadi, pasti sangat perlu untuk segera diatasi, agar tidak menyebabkan kerugian negara yang lebih besar lagi.

Teknik Pengairan

jurusan sepi peminat

Foto : suaramerdeka.com

Ini berkaitan dengan bentuk negara Indonesia yang juga merupakan negara agraris. Lokasi persawahan yang luas di hampir seluruh wilayah Indonesia, sehingga membutuhkan pemikiran para tenaga ahli di bidang pengairan persawahan. Selain itu tenaga ahli di bidang ini juga sangat dibutuhkan sumbangsihnya dalam hal pemanfaatan sungai dan saluran air di perkotaan. Wah kamu pasti nggak nyangka jika akan dibutuhkan oleh banyak pihak deh.

Astronomi

jurusan sepi peminat

Foto : brilio.net

Nah untuk jurusan yang satu ini, karena Indonesia terbilang masih bayi, maka tentu saja negara sangat membutuhkan banyak tenaga ahli. Tenaga astronom biasanya akan dibutuhkan oleh BMKG, guna mengetahui fenomena alam dan antariksa di wilayah antariksa.

Aktuaris

jurusan sepi peminat

Foto : shutterstock

Mungkin jurusan ini masih terdengar kurang familiar ya guys? Aktuaris adalah tenaga ahli yang menggabungkan antara ilmu keuangan dengan teori statistik. Tugasnya adalah untuk menghitung resiko dan biaya sebuah perusahaan asuransi. Nah karena pertumbuhan asuransi di Indonesia semakin meningkat, maka tenaga hali di bidang ini tentu akan semakin banyak diperlukan.

Bagaimana? Masih bingung menentukan jurusan yang akan diambil saat kuliah nanti? Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top