Halo, Takaiters!

Selain melaksanakan ibadah wajib dan sunah di bulan Ramadan, para pebisnis juga memanfaatkan momen ini untuk menuai panen musiman. Terlebih di bulan ini pintu rezeki dibuka dan dimudahkan seluas-luasnya dari segala arah.

Nah, guys, ini dia enam macam bisnis di Indonesia yang kebanjiran rezeki di bulan puasa dan hari raya.

1. Bisnis Makanan untuk Hidangan Berbuka Puasa

Foto: pexels.com

Bukan hal aneh kalau di bulan Ramadan banyak sekali pedagang makanan takjil atau hidangan berbuka puasa menjajakan jualannya. Banyak orang dengan kesibukan yang padat di siang hari, tak punya banyak waktu untuk menyiapkan hidangan berbuka. Maka, solusinya membeli makanan diluar.

Belakangan penyedia makanan sahur pun mulai bermunculan. Hal ini sangat membantu mereka yang akan menjalankan ibadah puasa namun tak sempat masak di rumah atau tak bisa memasak, seperti anak-anak kost.

2. Bisnis Pakaian

Foto: pexels.com

Lebaran selalu identik dengan baju baru, ya, guys. Walaupun kebiasaan ini seperti kebiasaan anak-anak, tapi sebenarnya orang tuapun sama, akan senang hati bila lebaran mengenakan baju baru. Apakah kamu juga begitu? Ayo ngaku aja nggak perlu malu. Hehe …

Jadi, tak heran kalau bisnis pakaian beserta pelengkap atau aksesoris lainnya, seperti sepatu, sandal, jilbab, masuk dalam daftar bisnis paling laris selama ramadan sampai menjelang lebaran.

3. Kue Lebaran

Foto: rumahmesin.com

Bermacam kue pelengkap lebaran terutama kue kering, sangat diminati pembeli. Para pengrajin makanan ala rumahan maupun industri besar, sudah bersiap dari jauh hari sebelum Ramadan, terlebih kue kering yang dibuat sesuai standar agar bisa awet dan bertahan selama satu atau dua bulan. Jadi, kamu tak perlu lagi repot-repot bikin kue. Tinggal pesan, bayar, jadi, deh, kue lebaran.

4. Jasa Pengiriman Barang

Foto: tribunnews.com

Dengan maraknya bisnis online terutama untuk produk kebutuhan lebaran, seperti baju, sepatu, jilbab, mukena, baju anak, kue, snack untuk lebaran, maka jasa ekspedisi pengiriman barang pun otomatis kebanjiran job.

Bahkan tahun-tahun lalu, beberapa jasa pengiriman ini pernah mengalami over load, barang belum sampai ke pelanggan sudah keburu libur lebaran. Yang tadinya lebaran ingin memakai baju dari toko online, alhasil harus membeli baju lagi di toko offline. Duh, kasihan.

5. Toko Emas

Foto: merdeka.com

Apakah toko emas juga termasuk? Ya, setiap menjelang lebaran terutama setelah pembagian THR bagi pegawai, toko emas banyak diserbu ibu-ibu. Mereka yang memikirkan gaya dan investasi tak akan menyia-nyiakan uang di tangan hasil dari bonus tahunan.

“Lebaran selalu bersinar terang,” mungkin itu semboyannya para bakul emas.

6. Jasa Rental Kendaraan

Foto: tripadvisor.de

Dari zaman dulu jasa rental kendaraan selalu ramai kalau lebaran, apalagi di zaman now yang serba online, termasuk juga jasa penyewaan mobil atau motor. Maka tak heran banyak pemudik lebaran atau yang bepergian untuk silaturahim makin dimudahkan dalam menyewa kendaraan.

Tinggal pasang aplikasi, order, naik lalu bayar. Tidak perlu lagi naik angkot atau kendaraan umum yang penuh sesak di hari raya. Para driver pun tak henti-henti menerima notifikasi pesanan penumpang.

Nah, Takaiters, itu tadi enam jenis bisnis yang laris di bulan Ramadan dan lebaran. Takaiters tertarik untuk ‘panen’ seperti mereka? Tak ada salahnya mencoba peruntungan di salah satu bisnis tadi. Pilih saja mana yang paling cocok dan sesuai kemampuan dan minat kalian. Semoga laris manis, ya!