Hallo Takaiters,

Tahukah kamu, lokasi syuting film Bollywood saat ini tidak selalu dilakukan di India. Banyak film-film yang menampilkan setting di luar negeri, seperti London, Canada, Australia, hingga Indonesia. Padahal sebenarnya di India sendiri banyak sekali tempat wisata yang indah, loh. Tak heran  jika Film-film Bollywood seringkali menampilkan tempat wisata dengan  pemandangan alam yang menakjubkan.

Coba deh, kamu perhatikan! Setiap ada nyanyian dan tarian biasanya ada taman bunga yang indah, pepohonan yang hijau, dan pemandangan alam yang sangat memesona.  Hal itu dilakukan bukan hanya untuk kebutuhan film tapi juga  untuk mendongkrak pariwisata India. Mau tahu tempat-tempat indah yang sering dijadikan  lokasi pembuatan film Bollywood di India? Takaitu akan memberikan informasinya khusus buat kamu.

Ooty

lokasi syuting film Bollywood
Foto : thrillophilia.com

Ooty adalah sebuah kota yang terletak di Tamil Nadu dan terkenal dengan sebutan Queen of Hils Station.  Karena keindahannya, kota ini menjadi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara terutama pada musim panas.  Ooty juga menjadi lokasi syuting film Kuch-Kuch Hota Hai lho, Guys! Dalam film tersebut ada adegan SRK dan Kajol benyanyi Ladkhi Badhi Anjani Hai sambil melewati jembatan di atas danau yang dikelilingi pepohonan hijau yang sangat indah.

Ladakh

lokasi syuting film Bollywood
Foto : thrillophilia.com

Pernah menonton film “3 Idiots” yang dibintangi Aamir Khan, Kareena Kapoor, R. Madhavan dan Sharman Joshi? Film yang sempat booming di tahun 2009 ini bercerita tentang petualangan 3 sahabat di sebuah Universitas yang membuat mereka dijuluki 3 Idiots.

Salah satu tempat yang dijadikan lokasi film 3 Idiots adalah Jalur Leh Manali Highway. Jalan ini menghubungkan Leh di Ladakh dan Manali di Himacal Pradesh. Karena jalur ini sering tertutup salju, maka jalur ini hanya dibuka pada musim panas saja loh, Guys.  Jalur ini menarik para Bikers yang ingin melakukan touring ke Kaki gunung Himalaya. Dalam film ini pula para pemain 3 Idiots melintasi jalan tersebut menggunakan sepeda motor.

Agra

lokasi syuting film Bollywood
Foto : realitytoursandtravel.com

Kalau kamu penggemar setia Jodha Akbar pasti tahu sejarah kerajaan Mughal yang dipimpin oleh Raja Jalaludin Akbar. Konon, Raja mendirikan Taj Mahal khusus untuk mengenang istrinya dan  mengabadikan kisah cinta mereka. Meskipun sejarah dibalik berdirinya Taj Mahal memiliki  banyak versi, namun sejak kemunculan film serial Jodha Akbar yang booming di layar kaca, sepertinya orang percaya bahwa Taj Mahal memang didirikan untuk Ratu Jodha.

Pilihan Editor



Pahalgam

lokasi syuting film Bollywood
Foto : itchotels.in

Tempat ini dijadikan sebagai lokasi pembuatan film sejak tahun 1960-an. Uniknya nih, Guys, beberapa lembah yang ada di sana diberi nama sesuai judul film tersebut. Pahalgam terletak di Distrik Anantnag, India bagian utara. Tempat ini menjadi menjadi tempat wisata favorit di India yang terkenal dengan sebutan “Paradise on Earth” karena dikelilingi perbukitan yang indah. Nuansa pedesaan yang masih alami, perkebunan apel dan bery yang sangat luas menjadi daya tarik tersendiri.

Takaiter penggemar Bollywood mungkin masih ingat adegan romantis SRK dan Kajol saat bernyanyi “Tujhe Dekha To Yeh Jana Sanam.”  Di dalam film Dilwale Dulhania Le Jayenge itu mereka menyanyi dan menari dengan latar pegunungan bersalju yang dikelilingi deretan bunga Canola berwarna kuning. Deretan bunga  nan cantik itu terhampar luas bak permadani indah di kawasan setinggi 2200 meter tersebut. Suasananya  cocok banget ya, Guys,  untuk adegan romantis?

Hawa Mahal

lokasi syuting film Bollywood
Foto : thrillophilia.com

Selain Taj Mahal, Takaiter penggemar Bollywood juga harus tahu tentang Hawa Mahal. Hawa Mahal adalah bangunan bersejarah yang sangat terkenal di Jaipur. Bangunan yang terbuat dari batu pasir berwarna merah dan merah muda ini dikenal dengan sebutan “Palace of The Winds”.

Hawa Mahal dibangun pada tahun 1798 oleh Raja Sawai Pratap Singh, dan di desain menyerupai mahkota dewa Krisna. Bangunan ini memiliki kurang lebih 953 jendela kecil yang disebut dengan Jharokas. Jendela-jendela tersebut tersebut sengaja dibuat menghadap ke jalan utama agar para wanita bangsawan dapat melihat keluar tanpa diketahui oleh orang-orang yang sedang berlalu lalang.

Hawa Mahal sering dijadikan lokasi pembuatan film. Bahkan reality show Pemburu Mimpi  yang tayang di RCTI pun pernah melakukan syuting di sana loh, Guys. Dari atas bangunan ini kamu bisa menyaksikan pemandangan yang sangat memesona. Waktu yang paling tepat untuk datang adalah saat mentari terbit di pagi hari, karena suasananya akan jauh lebih indah dibandingkan waktu-waktu lainnya.

Nah, Takaiters, Itulah tempat wisata yang sering menjadi  lokasi pembuatan film-film Bollywood. Kalau Takaiters berkunjung ke India jangan lupa mampir ke sana, ya. Siapa tahu kamu bertemu dengan Aktor dan Aktris Bollywood  favorit kamu.