Halo, Takaiters!

Akhir-akhir ini kita dipusingkan dengan naiknya harga bahan bakar, ya? Padahal berkendara sudah menjadi napas sehari-hari untuk mempercepat mobilitas kita, terutama yang hidup di perkotaan. Nah, biar makin hemat dan nggak bergantung dengan ‘minyak’, coba deh ubah cara berkendara kamu dengan eco driving.

Eco Driving adalah cara mengemudi untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, emisi gas rumah kaca, dan tingkat kecelakaan. Teknik yang banyak digunakan di Kanada, Eropa Barat, dan Amerika Serikat ini, di klaim mampu menghemat bahan bakar hingga 5–10%. Pada transmisi manual, teknik ini bekerja lebih baik, tapi tidak masalah beberapa teknik bisa juga diterapkan untuk selain itu.

Ingin tahu lebih jauh gimana teknik eco driving yang bisa bikin kantong hemat dan meningkatkan safety ini? Simak 5 uraian yang dikutip dari sustainableamerica.org berikut ini, Guys.

1. Antisipasi Arus Lalu Lintas

Pelajari lalau lintas yang akan kamu lewati. Antisipasi pergerakan lalu lintas di depan kamu sebanyak mungkin. Beri sekitar 3 detik ke mobil di depan kamu, untuk meminimalkan mengerem secara mendadak. Maksimalkan penggunaan momentum kendaraan (di gigi atau netral), akselerasi dan rem secara perlahan.

2. Pertahankan Kecepatan yang Stabil dengan RPM Rendah

Berkendara dengan lancar dan aman dengan pengereman dan akselerasi minimal. Berkendaralah dengan RPM rendah dan gigi tertinggi. Hindari akselerasi dan pengereman yang cepat, karena akan menyebabkan peningkatan pembakaran bahan bakar.

3. Up- Shift Lebih Awal

Jika kamu memiliki transmisi manual, geser lebih awal dan akselerasi pada RPM yang lebih rendah.

4. Periksa Tekanan Ban secara Berkala

Pastikan ban kamu terisi dengan baik, karena tekanan ban yang rendah akan menimbulkan resiko keselamatan dan pengeluaran bahan bakar lebih banyak.

5. Batasi Beberapa Keborosan

AC (Air Conditioner) selalu membakar bahan bakar lebih banyak, jadi gunakan hanya bila diperlukan. Hal yang sama berlaku untuk tambahan alat listrik lain yang kamu gunakan di mobil. Keluarkan alat berat yang mungkin masih ada di bagasi, dan tutup sunroof, karena tarikan aerodinamisnya adalah keborosan bahan bakar. Secara umum, di jalan raya dengan kecepatan 50 mph ke atas, AC adalah pilihan yang hemat bahan bakar. Namun, bila berkeliling kota dengan kecepatan yang relatif rendah, matikanlah AC dan bukalah jendela, itu pilihan yang lebih baik.

Takaiters bisa mencoba 5 teknik eco driving ini. Selamat mencoba, Guys!