Hai, Takaiters!

Di zaman modern seperti sekarang, di mana teknologi canggih berkembang sangat pesat dan memudahkan kehidupan menusia, ternyata masih ada kelompok tertentu yang bertahan dengan cara-cara tradisional yang bahkan mulai tidak masuk akal bagi generasi milenial seperti kamu.

Meskipun jumlahnya sudah jauh berkurang bahkan hampir punah, tetapi mereka tetap memilih menutup diri dari kehidupan modern. Hidup terasing dan terisolasi tidak menjadi masalah berarti. Siapa saja mereka? Simak satu persatu, Guys!

Suku Goroka

Suku Terasing DI DUNIA
Foto: craiglotter.co.za

Suku Goroka yang ada di Papua Nugini ini disebut telah ada di Indonesia sejak seribu tahun silam, Guys. Mereka tinggal di sebuah desa dataran kecil di Papua. Suku ini dikenal gemar sekali berperang, tujuannya tak lain untuk bertahan hidup.

Mereka menggantungkan diri kepada alam serta sangat patuh pada ajaran nenek moyang. Tak heran jika suku ini sangat cinta pada bumi pertiwi. Hal yang selalu jadi perhatian, ketika berperang, pria Goroka akan memakai atribut yang sangat menyeramkan. Semakin seram semakin bagus, Guys untuk menakuti musuh.

Hm, kira-kira kamu tertarik nggak, nih untuk bertemu dengan suku asli Papua ini?

Suku Sentinel

Suku Terasing DI DUNIA
Foto: 2.bp.blogspot.com

Suku ini hidup di pulau Sentinel teluk Benggala. Mereka tinggal di sebuah pulau yang sangat eksotis, hutannya rimbun bahkan pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang sangat cantik. Meski begitu, kamu tidak punya alasan apa pun yang bisa dibenarkan untuk mengunjungi pulau ini, Guys.

Mereka yang tinggal di pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini dikenal sangat kejam. Bahkan pesawat yang melintas di atasnya pun tak ketinggalan diserang. Entah sudah berapa orang meninggal ketika tanpa sengaja mendekati pulau ini. Duh, serem banget, ya.

Pulau ini tidak bersinggungan dengan pulau tetangga lainnya sehingga wajar jika kehidupan mereka pun tak tersentuh peradaban modern.

Suku Maori

Suku Terasing DI DUNIA
Foto: pinterest

Suku Maori merupakan suku asli Polinesia yang bisa kamu temukan di Selandia Baru. Bahasa, budaya serta mitologi yang mereka miliki sungguh sangat unik. Kedatangan bangsa Eropa ke wilayah mereka memberi dampak yang sangat besar, termasuk sering terjadi keributan di antara keduanya ataupun munculnya wabah penyakit yang membuat populasi mereka semakin berkurang. Meski begitu, kehidupan mereka yang kini mulai bangkit tetap jauh dari jangkauan modernitas.

Pilihan Editor



Suku Chukchi

Suku Terasing DI DUNIA
Foto: boredpanda.com

Suku ini bisa kamu temukan di Rusia. Suku Chukchi tinggal di Semenanjung Chukchi serta pantai laut Chukchi. Suku ini terbagi menjadi dua bagian berbeda, di mana salah satu dari mereka biasa berburu mamalia laut dan tinggal di wilayah perairan. Sedangkan suku yang tinggal di kutub akan menggembala rusa kutub demi bertahan hidup. Sayangnya, kerusakan alam serta polusi yang disebabkan oleh orang-orang pada zaman milenial membuat keberadaan suku ini pun semakin terancam punah, Guys.

Suku Dani

Suku Terasing DI DUNIA
Foto: beforethey.com

Suku Dani bisa ditemukan di lembah Baliem, Indonesia. Mereka ada sejak ratusan tahun silam, lho. Suku Dani masih setia mempertahankan adat nenek moyang yang sungguh sangat kekunoan. Meski begitu, mereka termasuk pintar dalam bertani dan mahir menggunakan alat-alat pertanian, lho. Selain rumah Hanoi yang menjadi ciri khasnya, pakaian sehari-hari berupa Koteka yang dipakai lelaki serta rumbai-rumbai yang digunakan oleh wanita menjadi salah satu ciri khas yang tak bisa lepas dari keberadaan suku Dani.

Itulah beberapa suku primitif yang sangat terasing dan jauh dari sentuhan peradaban modern. Meski banyak orang merasa dimudahkan oleh keberadaan teknologi sekarang, tetapi mereka masih tetap sama, setia pada leluhur, bangga dan sangat menghormati alam, serta enggan disentuh ataupun didekati oleh orang di luar suku mereka apalagi tertarik dengan teknologi modern. Jika kamu kebetulan bertemu salah satunya, hati-hati dan jaga keselamatanmu, ya!