Stadion sepakbola merupakan sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga, di mana di dalamnya terdapat lapangan rumput dan dikelilingi oleh tribun penonton.

Stadion sepakbola juga bisa dikatakan sebagai sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas penonton, dan offisial klub. Tentunya tidak semua stadion sepakbola di dunia memiliki kualitas rumput yang bagus, serta memiliki kapasitas tribun yang banyak untuk menampung ribuan penonton pada suatu pertandingan atau event.

Untuk menjadi stadion sepakbola termegah dan terbaik di dunia syaratnya adalah kapasitas penonton yang banyak, kualitas rumput yang baik, dan memiliki jalur evakuasi penonton saat terjadi sebuah kerusuhan sehingga membuat penonton sangat nyaman saat menonton sebuah pertandingan.

Tentunya membuat kalian sangat penasaran dengan predikat stadion termegah dan terbaik di dunia. Nah, Takaitu akan memberikan daftar 5 stadion sepakbola termegah dan terbaik di dunia

1.Rungrado May Day Stadium, Pyongyang, Korea Utara

stadion sepakbola termegah dan terbaik
Rungrado May Day Stadium (sumber foto: vleon09.files.wordpress.com)

Runggrado May Stadium, Korea Utara atau dikenal dengan Stadion Hari Buru Runggrado merupakan stadion sepakbola termegah dan terbaik di dunia nomor 1. Stadion ini dibangun pada tahun 1989 biasanya digunakan untuk pertandingan sepakbola, dan festival arirang (mass games). Stadion ini memiliki kapasitas penonton hingga 150 ribu kursi, dan memiliki total luas lapangan lebih dari 207.000 meter persegi.

Pilihan Editor


2.Salt Lake, India

stadion termegah dan terbaik di dunia
Salt Lake Stadium, India (sumber foto: 3.bp.blogspot.com)

Salt Lake Stadium, India merupakan stadion kebanggaan masyarakat India, stadion ini dibangun pada tahun 1984. Stadion ini mampu menampung 120.000 penonton. Biasanya stadion ini digunakan oleh tim-tim lokal India seperti East Benggal FC, Souhtern Samity.

3. Estadio Azteca, Meksiko

stadion sepakbola termegah dan terbaik di dunia
Estadio Azteca, Meksiko (sumber foto: lucaslovesfootball.blogspot.com)

Estadio Azteca, Meksiko merupakan salah satu stadion sepakbola termegah dan terbaik di dunia, stadion ini mulai dibangun pada tahun 1961, stadion ini merupakan kandang bagi timnas Meksiko dan Club Amerika. Estadio Azteca, Meksiko ini pernah menjadi tuan rumah babak final piala dunia 1970 dan piala dunia 1986.

4.Melbourne Cricket Ground, Australia

stadion sepakbola termegah dan terbaik di dunia
Melbourne Cricket Ground, Australia (sumber foto: Cricbuzz.com)

Melbourne Cricket Ground, Australia dibangun pada tahun 1853, stadion ini paling sering digunakan untuk olahraga Australi football (rugby), dan kadang-kadang menghelat event pertandingan sepakbola. Saat ini, stadion ini memiliki kapasitas 100.000 kursi penonton.

5.Stadion Azadi, Teheran, Iran

stadion sepakbola termegah dan terbaik
Azadi Stadium, Iran (sumber foto: stades-spectateurs.com)

Azadi Stadium, Iran merupakan salah satu stadion sepakbola termegah dan terbaik di kawasan Asia, stadion ini memiliki kapasitas penonton hinggan 100.000 kursi. Stadion ini dibangun pada tahun 1971 dan pernah mengalami renovasi pada tahun 2002-2003. Azahadi Stadium, Iran biasanya digunakan untuk pertandingan internasional timnas Iran hingga kini.

Nah, itu dia 5 stadion sepakbola termegah dan terbaik di dunia, Guys. Kamu pernah berkunjung ke stadion yang mana?