Takaiters pastinya sudah tak asing lagi dengan sate bukan? Sepertinya hampir setiap orang pernah icip-icip hidangan daging kecil-kecil yang disajikan dengan cara ditusuk dan dibakar tersebut.

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan kuliner istimewa yang tersaji dari berbagai wilayah mulai ujung barat hingga timur negeri ini. Bahkan, ada beberapa makanan khas negeri ini yang sudah mendunia. Salah satunya yaitu sate. Dan ternyata di Indonesia ada beberapa jenis sate unik  dari beberapa daerah yang memang sangat khas.

Selama ini mungkin banyak orang hanya kenal dengan Sate Padang atau Sate Madura saja. Namun, Indonesia yang memang sangat kaya dengan sajian kulinernya  juga memiliki beberapa jenis sate unik  yang bisa kalian icipi saat berkunjung ke beberapa daerah asalnya.

Penasaran dengan jenis-jenis sate unik di Indonesia? Berikut ini adalah beberapa jenis sate unik yang wajib kalian cobain.

Sate Klathak, Sate Hits dari Jogja

SATE UNIK KHAS INDONESIA
Foto : tstatic.net

Jenis sate yang satu ini makin populer setelah dijadikan salah satu latar dalam cerita film layar lebar “Ada Apa dengan Cinta 2”. Semakin banyak orang penasaran dengan sate yang hits di kawasan Jogjakarta tersebut.

Sate Klathak  merupakan sate kambing yang proses pemasakannya dengan dibakar dan hanya dibumbui dengan lumuran garam. Nama sate klathak sendiri berasal dari bunyi klathak-klathak dalam proses pembakaran satenya.

Keunikan lain dari sate ini adalah tusuk sate yang digunakan bukanlah tusuk sate dari bambu ataupun kayu tetapi menggunakan jeruji sepeda yang ditujukan untuk memberikan tingkat kematangan yang lebih optimal pada sate karena panas bisa lebih merata. Tapi tenang saja, jeruji sepeda yang digunakan pun memang hanya digunakan sebagai tusuk sate saja sehingga aman.

Pilihan Editor

Sate Lalat, coba dulu baru komentar ya Guys!

SATE UNIK KHAS INDONESIA
Foto : ksmtour.com

Dengar nama sate yang satu ini kok kesannya aneh dan jijik ya. Kalau sate ayam tersaji dari irisan daging ayam, apa sate lalat pun merupakan sajian menu olahan sate yang terbuat dari lalat? Tenang ya Takaiters, sate unik dari Madura ini tak ada hubungannya sama sekali dengan hewan terbang yang sering hinggap di area-area jorok itu kok. Ini hanyalah sebuah nama.

Sate ini menggunakan daging sapi, kambing, ataupun ayam seperti halnya berbagai jenis sate pada umumnya. Uniknya, ukuran potongan dagingnya memang cukup kecil maka tak heran bila akhirnya sate ini lebih dikenal sebagai sate lalat.

Porsi ideal untuk menikmati sajian sate unik ini adalah sekitar 30 tusuk sate yang tersaji dengan nasi ataupun lontong. Tusuk sate yang digunakan pun bukan tusuk sate dari bambu melainkan hanya menggunakan lidi. Kekhasan lain dari sate ini adalah penggunaan bumbu  kacangnya.

Sate Kalong, sate unik asli Cirebon

sate unik indonesia
Foto : wisatadankulinernusantara.com

Bila di Madura ada Sate Lalat, rupanya di Cirebon punya Sate Kalong. Lagi-lagi sate ini pun bukan terbuat dari daging kalong. Nama tersebut disematkan karena memang kedai satenya berjualan hingga tengah malam. Sate unik dari Cirebon tersebut ternyata terbuat dari daging kerbau dan pastinya memiliki keunikan tersendiri karena biasanya sate disajikan dari daging ayam, kambing, atau sapi.

Meskipun menggunakan daging kerbau, sate tersebut sangat empuk dan nikmat. Sebelum dibakar, daging kerbau direbus terlebih dahulu dan kemudian dicelupkan ke bumbu rempah. Tak hanya dagingnya saja, bagi para pecinta kuliner berbahan urat, boleh mencicipi sate urat kerbau.

Salah satu perbedaan antara sate daging kerbau dan sate uratnya adalah sate daging cenderung lebih terasa manis sedangkan sate urat lebih dominan rasa asin. Selain menggunakan daing kerbau, keunikan lain dari sajian Sate Kalong adalah bumbu kacang yang digunakan. Bumbu tersebut dicampurkan dengan oncom serta kaldu rebusan daging kerbau.

Sate Lilit, sate unik dari pulau dewata Bali

sate unik indonesia
Foto : resephariini.com

Ada jenis sate unik lain yang bisa kalian nikmati dari negeri berjuta kuliner ini yaitu sate lilit dari pulau Bali. Sate ini terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan bumbu khusus seperti merica, bawang merah, santan kental, jeruk nipis, dan kelapa parut.

Selanjutnya, adonan tersebut dililitkan pada tusuk sate yang berbentuk pipih sehingga terlihat seperti makanan kaki naga lalu dibakar. Sate ini memiliki rasa yang khas dan banyak sekali peminatnya.

5. Sate Rembiga khas Lombok

SATE UNIK KHAS INDONESIA
Foto : paketliburanlombok.com

Bukan hanya Madura ataupun Padang yang punya kekhasan hidangan sate karena ternyata di Lombok yang terkenal dengan keindahan pesona alamnya pun terdapat sate unik yang wajib dicoba saat melancong ke sana. Sate tersebut bernama Sate Rembiga yang terbuat dari daging sapi muda dan dibumbui dengan menggunakan gula, cabe rawit, bawang putih, terasi khusus, dan garam.

Pengolahan hidangan sate ini rupanya cukup memakan waktu yang lama karena setelah daging sapi diiris tipis-tipis baru direndam pada bumbu selama sekitar empat jam supaya bisa meresap sempurna. Sate Rembiga memiliki rasa khas dan unik yang pastinya tak bisa dijumpai di tempat lainnya.

Perpaduan gurih, manis, sekaligus pedas membuat sate ini sepertinya tak ingin berhenti untuk dinikmati. Rembiga sendiri merupakan salah satu desa yang ada di Lombok dan sate tersebut awalnya dibuat oleh orang-orang dari desa tersebut maka dikenalah sebagai sate Rembiga.

Nah, sudah tahu kan sate-sate unik dari Indonesia. Kira-kira sate unik khas daerah mana nih yang mau kalian icipi di liburan akhir tahun ini?