Hai, Takaiters!

Indonesia mempunyai berbagai macam jenis sambal yang rasanya enak. Tetapi tidak banyak yang cocok dijadikan pendamping untuk cocolan ikan bakar. Berikut ini lima macam sambal yang dapat dipakai sebagai cocolan ikan bakar, yang membuat ingin tambah terus, yaitu:

1. Sambal Terasi

Gambar terkait
Foto: tribunnews.com

Sambal terasi selalu enak sebagai pelengkap berbagai makanan. Salah satunya ikan bakar. Sambal yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi, sangat menggugah selera, apalagi jika memakai terasi yang bagus. Jika ingin sambal terasi bertekstur lembut, cabai dan tomat, serta bawang direbus terlebih dahulu. Jika ingin bertambah enak sambal ini, terasi yang digunakan dibakar terlebih dahulu.

2. Sambal Dabu-Dabu

sambal cocol ikan
Foto: dapurkobe.co.id

Sambal ini berasal dari Manado, sangat mudah dibuatnya. Bahan yang dipakai hanya diiris-iris, terdiri dari Cabai keriting, bawang merah, cabai rawit, tomat, belimbing wulu. Campur semua bahan diaduk-aduk hingga air dari tomat dan belimbing wulu keluar, atau dapat ditambah air sedikit. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Kebayang ya, Guys, bagaimana rasanya. Pedas, manis, asam, terpadu, ditambah gurihnya daging ikan bakar. Santap dengan nasi hangat, ya.

Pilihan Editor



3. Sambal Kecap

Hasil gambar untuk Sambal Kecap
Foto: tastemade

Rasa manis dari kecap dan pedas dari cabai rawit menjadikan sambal kecap cocok sebagai cocolan ikan bakar. Apalagi sambal kecap ini mudah dibuatnya. Tambahkan irisan bawang merah, tomat, pada kecap. Sangat mudah bukan? Selain itu sambal kecap ini cocok buat yang tidak begitu suka pedas.

4. Sambal Kacang

sambol cocolan ikan bakar
Foto: laceandcoco.com

Kacang tanah bukan saja untuk bumbu pecel atau gado-gado. Kacang tanah juga dapat dibuat sambal untuk cocolan ikan bakar.

Lebih nikmat bila dimakan dengan ikan bakar bandeng. Cabai dan bawang merah digoreng dahulu sebelum diulek dengan kacang tanah goreng. Beri tomat hijau agar ada rasa asam dan segar. Makan dengan nasi hangat, dijamin lupa sudah berapa kali tambah nasi ya, Guys.

5. Sambal Korek

cocolan ikan baar
Foto: berrykitchen

Bagi penggemar pedas, sambal korek sangat cocok sebagai cocolan ikan bakar.
Untuk membuatnya juga cukup mudah, siapkan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Ulek ketiga bahan tersebut kemudiadengan minyak goreng panas secukupnya agar cabai yang telah diulek kasar menjadi layu.
Makan ikan bakar dengan cocolan sambal korek dijamin keringat akan bercucuran, mantap ya, Guys!

Hmmm… bagaimana Guys, tertarik untuk mencobanya? Sambal yang mana, yang paling enak menurut kamu, Guys.