Hai, Takaiters!

Tanggal 22 Juni 2018, musisi asal Jepang bernama Hiroaki Kato atau akrab disapa Hiro merilis sebuah lagu berjudul ‘Jakarta Sunset’ tepat saat Jakarta berulang tahun yang ke-491. Lagu ini memang sengaja dibuat bersama vokalis band Mocca, Arina, sebagai hadiah ulang tahun untuk DKI Jakarta.

Lagu yang dinyanyikan oleh musisi kelahiran Tokyo, 9 Maret 1983 ini sarat akan pesan moral yang bisa membuat pendengarnya merinding dan terharu. Meski merantau dan tinggal di Ibu Kota terdengar keren, tetapi perjuangan di balik semua itu tidaklah mudah.

Hiro berhasil memukau pendengarnya dengan video berlatar gedung-degung pencakar langit, padatnya Ibu Kota serta kehidupan pinggiran Jakarta dengan berbagai macam profesi yang dilakukan demi bertahan hidup.

Dan inilah 5 pesan moral yang bisa kamu petik dari lagu ‘Jakarta Sunset’ yang enak banget didengar, Guys!

Rindu bertemu keluarga tercinta berlesat serupa slide yang tak pernah bisa dilupa, tetapi perjuangan yang belum usai di Ibu Kota membuat kamu harus menahan rindu lebih lama

Jakarta sunset
Foto: youtube.com

Merantau dan mencari pekerjaan di Jakarta bukanlah hal mudah. Perjuangannya justru berkali lipat lebih sulit ketimbang ketika kamu tinggal di kampung halaman. Rindu yang sempat dirasakan Hiro ketika menatap senja di kota Jakarta membuat hati ngilu. Rasanya ingin dekat dan mudah berinteraksi dengan keluarga yang telah membesarkan kita, sayangnya perjuangan yang belum usai di Jakarta membuat kamu dan siapa pun yang merantau di Ibu Kota harus sejenak menahannya. Suatu saat akan ada saatnya untuk kamu kembali ke tanah kelahiran sambil membawa kebahagiaan yang sulit diterjemahkan.

Mengadu nasib di Jakarta tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi sedikit keras kepala dan kerja keras membuatmu berhasil menaklukkan tantangan

Foto: youtube.com

Jakarta adalah kota metropolitan yang terdengar sangat populer di telinga. Siapa pun yang tinggal di Jakarta seolah bernasib sangat baik dan mujur. Tapi, Guys, perlu kamu catat dalam hati, tidak ada yang benar-benar mudah dalam hidup ini. Ketika kamu berhasil menginjakkan kaki di Jakarta, seribu tantangan menyambut dengan berbagai macam risiko yang bisa jadi meruntuhkan semangatmu. Tapi, percayalah tidak ada usaha yang sia-sia. Sedikit keras kepala untuk memperjuangkan mimpi akan kamu butuhkan demi meraih impian.

Wajah Jakarta bukan hanya berupa gedung-gedung tinggi dan megahnya apartemen, mereka yang hidup dan tinggal di pinggiran dengan perjuangan yang tak mudah juga jadi bagian dari Ibu Kota

Jakarta sunset
Foto: youtube.com

Hiro mengambil latar kehidupan orang-orang di pinggiran Ibu Kota yang nyaris penuh dengan perjuangan dan luka. Tidak semua anak-anak di Jakarta beruntung dan bisa bersekolah. Tidak semua warga Jakarta punya tempat tinggal layak. Hal ini membuat kamu sadar bahwa Jakarta bukan hanya miliki mereka yang kaya, tetapi juga mereka yang masih berjuang mendapatkan hak dan kehidupan yang lebih layak. Karena itu, bersyukurlah karena kamu jauh lebih beruntung ketika tiba dan menjejakkan kaki di kota metropolitan ini.

Meski hidup merantau, bukan berarti kamu boleh tidak peduli pada orang-orang di sekitar kamu, lho

Jakarta sunset
Foto: youtube.com

Kamu datang ke Ibu Kota memang untuk memperjuangkan impian, tetapi tidak berarti kamu bisa cuek dengan kehidupan sosial di sekitar kamu. Ada saatnya kamu harus peduli kepada orang lain, ada saatnya kamu pun akan butuh kepada mereka, dan ada saatnya hidup tak melulu soal mengejar keberhasilan dan impian.

Berjuang di Ibu Kota tidaklah mudah, tetapi melalui lagu ‘Jakarta Sunset’ Hiro ingin mengatakan, “Jangan pernah kamu berputus asa dan menyerah, Guys.”

Jakarta sunset
Foto: youtube.com

Hiro yang merupakan alumnus mahasiswa pertukaran pelajar di Universitas Gajah Mada angkatan 2006 ini telah tinggal selama 4 tahun di Jakarta. Bukan hanya menjadi musisi, Hiro melakukan banyak profesi demi bertahan di Ibu Kota termasuk menjadi MC dan penerjemah. Hiro ingin kamu yang sedang merantau dan berjuang di Jakarta demi keluarga dan meraih mimpi untuk tetap semangat dan jangan pernah berputus asa. Meski impian kamu kadang terdengar mustahil bahkan sering ditertawakan orang, tapi pantang menyerah membuatmu mampu mencapainya. Suatu saat, kamu akan meraihnya! Fokus dan terus melangkah ke depan, jangan pedulikan mereka yang mencibir dan meremehkan mimpi-mimpimu, Guys!

Lagu ‘Jakarta Sunset’ benar-benar membuat merinding dan terharu, betapa sulitnya berjuang dan bertahan di Ibu Kota. Petikan gitar Hiro serta latar video yang menyetuh hati membuat lagu ini sempurna menjadi salah satu lagu favorit banyak orang dan bikin mewek, Guys. Selamat berjuang di Ibu Kota, jangan pernah menyerah, ya, dan teruslah bermanfaat bagi semua orang!