Hai, Takaiters!

Provinsi Riau dengan ibukota Pekanbaru tidak hanya kaya akan potensi sumber daya alam seperti minyak bumi dan lainnya. Namun juga terkenal karena beberapa makanan khas melayunya. Masakan berbahan dasar ikan seperti gulai ikan patin dan asam pedas baung menjadi masakan favorit masyarakat Riau. Begitu pula bagi wisatawan yang berkunjung. Belum lengkap rasanya menginjakkan kaki ke tanah Melayu tanpa mencicipi masakan khas Riau. Tidak hanya itu, sebagai buah tangan kamu wajib mencoba beberapa makanan khas berkut ini.

1. Bolu Kemojo

Hasil gambar untuk Bolu Kemojo
Foto: wattpad

Bolu Kemojo berwarna hijau dengan tekstur yang padat, seperti kue basah. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas daun suji. Bagi masyarakat Riau, bolu kemojo sudah tidak asing lagi. Hampir disetiap acara di Riau biasanya menyajikan makanan khas ini. Jika Takaiters ke Pekanbaru, mencari bolu kemojo tidaklah sulit. Biasanya di beberapa toko kue selalu menyediakan bolu tradisional ini.

2. Kripik Nanas

Hasil gambar untuk keripik nanas
Qlapa.com

Saat ini tidak hanya buah nanas yang dijadikan oleh-oleh. Namun, olahan nanas juga bisa memberikan citarasa yang sangat unik dan nikmat. Di Riau, tepatnya di kecamatan Tambang, kamu akan menemukan para penjual nanas di sepanjang jalan. Agar mudah untuk dinikmati nanas diolah menjadi kripik, caranya adalah nanas dipotong-potong lalu dijemur dan digoreng. Dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menjadi oleh-oleh yang mudah dibawa. Rasanya tak kalah bila dibandingkan dengan kripik lainnya.

3. Lopek Bugi

Foto: blog.traveloka.com

Lopek bugi khas Riau ini berasal dari Kabupaten Kampar. Makanan yang satu ini terbuat dari ketan didalamnya berisi kelapa yang diparut dan dibungkus daun pisang. Cara masaknya dikukus dan masih sangat tradisional.

Pilihan Editor



4. Roti Jala Khas Riau

kuliner khas riau
kuliner khas riau

Makanan yang satu ini berbentuk jala atau jaring sehingga disebut roti jala. Pada acara pesta atau perhelatan tertentu roti jala merupakan salah satu makanan yang sering disajikan sebagai pelengkap makanan utama. Selain itu, pada bulan Ramadan roti jala biasanya dijadikan menu berbuka puasa.  Penyajian roti jala ini ada yang menggunakan kuah kari dan kuah durian.

5. Kue Talam Durian

Gambar terkait
Foto: brosispku.com

Disebut kue talam durian karena berbahan dasar durian dan ketan. Saat ini kue talam juga menjadi primadona jajanan di Riau. Rasanya yang manis dan legit membuat lidah kita tidak berhenti untuk mencicipinya, Guys.

Nah, ternyata Indonesia memang kaya akan kuliner tradisional ya, Takaiters. Jangan lupa, jika berkunjung ke Riau tidak ada salahnya mencoba alternatif jajanan khas Riau ini.