Hai, Takaiters!

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata museum? Museum sering digambarkan sebagai Bangunan yang di dalamnya berisi benda-benda antik dan bersejarah. Bagi sebagian orang museum yang ada sekarang terasa membosankan. Itulah mengapa sebagian anak-anak muda jadi enggan mengunjungi museum.

Ada beberapa museum di Indonesia yang unik. Museum-museum ini memiliki konsep, desain, dan bentuk yang akan membuat pengunjung tidak merasa bosan. Berikut museum-museum yang unik di Indonesia.

1. Museum IPTEK Kota Baru Parahyangan

Foto: bprshikbekasi.com

Museum yang diresmikan tanggal 22 mei 2002 ini berlokasi di kota Bandung. Yang unik, museum ini adalah bangunannya yang menyerupai jam matahari raksasa. Bahkan pernah dinobatkan sebagai jam matahari terbesar di Indonesia oleh MURI. Di museum ini terdapat 180 alat peraga interaktif yang dapat dicoba oleh pengunjung. Dilengkapi juga dengan fasilitas galeri indoor, galeri outdoor, saung kelinci, dan kolam ikan tangkap.

2. Museum di Tengah Kebun

Foto: backpackerjakarta.com

Museum yang berlokasi di daerah Mampang Jakarta Selatan ini dibuka tahun 2009. Merupakan museum pribadi milik seorang kolektor bernama Syahrial Djalil. Museum ini sebenarnya sebuah rumah pribadi kolektor yang dikelilingi oleh kebun.  Pemiliknya telah berkeliling dunia sebanyak 26 kali untuk mengumpulkan koleksinya. Ada 4000 koleksi di museum ini, sebagian besar diperoleh dari balai pelelangan Christie. Jadi bisa dibayangkan betapa berkualitas dan bernilainya koleksi museum ini.

3. Museum Taman Prasasti

Foto: megapolitan.kompas.com

Di antara museum yang lain, museum Taman Prasasti paling unik. Ini karena museum ini berupa kompleks pemakaman bangsa Belanda sejak 1795. Pemakaman dengan luas 1,2 ha ini menampung 900 batu nisan dengan bentuk yang beragam. Koleksi lainnya berupa prasasti nisan kuno, kereta jenazah antik, dan miniatur makam khas dari berbagai provinsi.

4. Museum Angkut Malang

Foto: travelspromo.com

Diresmikan pada tanggal 19 maret 2014, tercatat sebagai tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang berkonsep angkutan. Koleksi museum berupa alat transportasi dari berbagai jaman yang berasal dari berbagai negara. Juga terdapat kendaraan- kendaraan yang memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia.  Ada 11 zona yang terdapat dalam museum. Setiap zona memiliki konsep yang berbeda-beda. Dan yang terfavorit adalah zona Gangster Town & Broadway Street, yang konsepnya mirip dengan suasana dalam film gangster Amerika.

5. Museum Nissin Biskuit Ungaran

Foto: dotsemarang.blogspot.com

Museum ini berlokasi di komplek pabrik Nissin biskuit Ungaran. Di museum ini kita bisa mendapatkan informasi tentang produksi biskuit dari awal produksi sampai pengemasan. Selain itu, di sini juga dipamerkan mesin-mesin kuno yang pernah dipakai pabrik Nissin dan contoh bahan baku untuk membuat biskuit. Juga terdapat diorama hard biscuit, wafer dan cookies. Fasilitas lainnya adalah terdapat restoran dan spot foto berupa gambar-gambar 3D. Hal yang menarik kita bisa berbelanja aneka produk Nissin Biskuit di galeri biskuit sebagai oleh-oleh.

Mengunjungi museum selain untuk wisata juga untuk menambah wawasan, lho. Selain itu, kita jadi bisa menghargai sejarah. Ingat kan pepatah yang mengatakan ‘ bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah’. Jadi, ayo ke museum!