Hai, Takaiters!

Hari Raya Iduladha, lebaran Haji atau Hari Raya Kurban merupakan perayaan yang penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada hari itu dilaksanakan ibadah haji wukuf di Arafah, sementara umat Islam yang lainnya adalah menyembelih hewan Kurban. Tentunya, menu yang berbahan dasar daging akan menjadi menu yang niscaya ditemui saat momen itu tiba. Berikut ini 5 minuman segar penurun kolesterol yang cocok disajikan saat momen Iduladha tiba:

1. Es Stroberi Mint

Foto: joyofkosher.com

Buah stroberi merupakan buah yang mengandung berbagai macam vitamin seperti  vitamin A, C, dan E. Selain itu stroberi memiliki kandungan senyawa asam ellagik dan kuersetin yang menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati juga antioksidan. Buah yang berwarna merah menyegarkan ini sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol. Untuk membuat minuman ini, siapkan gelas yang berisi air minum (bisa ditambahkan air gula) dan mint lalu masukkan stroberi yang sudah bersih dan potong-potong kecil. Tambahkan es batu sesuai selera.

2. Jus Apel

Foto: goya.com

Buah Apel mengandung polyphenol yang berkhasiat untuk menghambat proses oksidasi LDL Low Density Lipoprotein (lemak jahat) sehingga membantu menurunkan resiko peningkatan kolesterol dan penyempitan pembuluh darah. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi apel setiap hari selama enam bulan akan menurunkan kadar kolesterol hingga 23%. Kupas apel dan potong-potong kecil lalu masukkan ke dalam blender, tambahkan air dingin, air jeruk nipis, gula atau madu sesuai selera. Sajikan.

Pilihan Editor


3. Es Mentimun Serut dan Lemon

Foto: creativegreenliving.com

Buah satu ini sering kita jumpai di mana pun dan kapan pun. Biasanya mentimun dikonsumsi sebagai lalapan, namun kali ini mentimun bisa disajikan sebagai minuman yang tak kalah segarnya. Kombinasi Mentimun yang mempunyai kadar air dan vitamin yang tinggi plus Lemon yang kaya antioksidan dan vitamin C menjadi minuman super segar dan ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Cara membuatnya adalah; Kupas mentimun, buang bijinya, serut buahnya. Tekan-tekan menggunakan sendok supaya airnya keluar. Masukkan serutan tadi ke dalam gelas yang sudah berisi gula, perasan jeruk Lemon, air dingin. Bisa ditambahkan pula dengan nata de coco, biji selasih dan es batu agar lebih mantap.

4. Smoothie Jambu Biji

Foto: shebayemenifood.com

Kandungan vitamin C pada buah Jambu Biji disebut lebih tinggi daripada buah Jeruk. Selain itu, Jambu biji juga mengandung serat pektin yang mampu menurunkan kadar kolesterol serta asam amino esensial, mineral dan magnesium. Kandungan serat pada jambu biji segar adalah 5,4 gram dalam setiap 100 gram. Untuk membuat smoothie Jambu Biji sangatlah mudah. Cuci jambu biji sampai bersih, kupas kulit luarnya, potong-potong lalu blender bersama air dingin atau es batu, gula pasir dan perasan air jeruk nipis.

5. Jus Alpukat Daun Salam

Foto: coconutandberries.com

Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin, mineral dan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alpukat selain menurunkan kolesterol juga bisa menstabilkan gula darah, kaya akan antioksidan, dan memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama. Sedangkan daun Salam mengandung vitamin A, C, zat besi, kalsium, magnesium, asam affeic, eugenol, quercetin, catechin dan flavonoid yang merupakan senyawa penting yang berperan dalam antioksidan.  Untuk membuat minuman ini caranya adalah dengan merebus daun salam dengan 100 ml air, campurkan dengan buah alpukat dan madu lalu diblender.  Boleh juga menambahkan air Lemon agar lebih segar.

Bagaimana Takaiters? Kalian tertarik mencoba membuatnya?