Hai, Takaiters!

Indonesia adalah negara yang kaya potensi sumber daya alam. Salah satu tumbuhan yang subur di Indonesia adalah pisang. Buah yang memiliki cita rasa manis ini selain disajikan sebagai buah pencuci mulut, bisa juga diolah menjadi makanan yang lezat dan disukai banyak orang.

Sejak dahulu, di beberapa daerah, buah sudah diolah menjadi makanan yang menjadi ciri khas wilayah tersebut. Salah satunya pisang. Selain dimakan ketika sudah matang, pisang juga bisa diolah menjadi makanan yang rasanya yummy. Inilah 5 makanan khas yang terbuat dari buah pisang, buah khas Indonesia.

1. Sale

Foto: cekresep.com

Sale banyak kita jumpai di wilayah Jawa Timur. Di kabupaten Pacitan sale sudah memiliki peminatnya sendiri. Makanan yang terbuat dari buah pisang yang diiris tipis kemudian dijemur di bawah terik matahari ini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas daerah Pacitan. Ada 2 varian sale, yaitu saleĀ  basah dan sale goreng. Sale basah biasanya setelah dijemur dan kering akan langsung dibungkus menggunakan mika, plastik, ataupun daun pisang yang sudah kering. Sementara sale goreng akan melewati proses digoreng dengan dilumuri tepung sebelum dikemas.

2. Getuk pisang

Foto: vivahotelkediri.com

Makanan khas daerah Kediri ini terbuat dari pisang nangka yang sudah matang, kemudian dikukus dan ditambah gula secukupnya sampai rasanya lumayan manis. Cara pengepakan getuk pisang menggunakan daun pisang yang berbentuk lonjong menjadi ciri khas makanan yang satu ini.

3. Nagasari

Foto:rancahpost.com

Namanya memang tak menyiratkan makanan yang terbuat dari buah pisang. Namun, jajanan yang berasal dari Jawa Tengah ini memiliki cita rasa yang membuat ketagihan. Jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan gula ini diisi irisan pisang kepok ataupun raja (pisang dengan tekstur agak keras) kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus.

4. Pisang molen

Foto: resepaneka.com

Camilan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Namun, karena cita rasanya yang gurih dan manis serta kriuk di luar dan enak di dalam, makanan ini bisa kita jumpai di seluruh wilayah Nusantara. Pisang molen dibuat dengan membalut pisang Nangka dengan adonan tepung kemudian menggorengnya sampai kuning kecokelatan. Camilan ini sangat pas ketika dimakan selagi hangat dan ditemani secangkir teh manis, apalagi jika cuacanya sedang musim hujan.

5. Es pisang ijo

Foto: goodindonesianfood.com

Makanan khas Makasar, Sulawesi Selatan ini berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang diberi pewarna hijau. Pisang ini kemudian dikukus sampai matang. Cara penyajiannya, pisang ijo diiris kemudian disajikan dengan kuah kental seperti jenang dan ditambah es batu dan sirup berwarna merah supaya tercipta paduan warna yang menarik dengan cita rasa manis.

Itulah beberapa jenis makanan yang terbuat dari buah pisang. Mari kita cintai buah lokal Indonesia demi ketahanan pangan dalam negeri.