Halo, Takaiters!
Adakah diantara kamu yang sudah pernah ke Lombok? Jika belum, tampaknya kamu harus mulai merencanakan berlibur ke pulau pedas ini.
Apa sih yang menarik dari pulau ini?
Pertama, kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan pantainya. Masih banyak lho, Guys, pantai di Lombok yang masih perawan dan belum tersentuh banyak wisatawan. Kedua, kamu akan dibuat berkeringat dengan sensasi kuliner pedasnya. Dijamin, rasa pedas dari kuliner khas Lombok berbeda dengan daerah lain, lho.
Penasaran apa saja makanan khasnya? Simak terus, yuk!

1. Pelecing Kangkung

Foto: sajiansedap.grid.id
Pelecing kangkung adalah kuliner Lombok yang sudah sangat terkenal. Berbahan dasar kangkung asli Lombok yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin, bersama campuran sambal terasi, parutan bumbu kelapa yang dibakar, taoge, kacang goreng, dan kucuran jeruk limau.
Oya, Guys, kangkung asli Lombok ini batangnya besar dan segar, berbeda dengan kangkung dari daerah lain yang mudah layu saat direbus. Ini yang membuat sensasi kangkungnya lebih kriuk dan renyah saat disantap.

 2. Ayam Taliwang

Foto: rasasayange.co.id
Kuliner ayam taliwang biasanya disajikan bersama dengan pelecing kangkung. Ayam taliwang adalah ayam bakar khas Lombok, berbahan dasar ayam kampung yang masih muda. Sebelum dibakar, ayam taliwang dibumbui terlebih dahulu dengan cabe merah kering yang dijemur (sebie bideng), terasi, bawang putih, bawang merah, kencur, gula merah, santan, dan jeruk limau.
Untuk kamu yang tidak suka pedas, tak perlu khawatir. Ada, kok, rumah makan ayam taliwang yang menyajikan ayam taliwang dengan menu ayam madu. Jadi, tak perlu takut, ya, mengajak keponakan atau anak yang masih kecil untuk menikmati menu ayam taliwang.

3. Sate Pusut

Foto: ceritareena.blogspot.com
Suka makan olahan sate? Cobain, deh, sate yang satu ini. Bahan utamanya adalah kelapa parut yang dibumbui pedas dengan cabai, bawang merah, bawang putih, dan tentu saja terasi. Setelah semua bahan tercampur kemudian baru dibakar. Untuk variasi, kamu juga bisa, lho, menambahkan bahan daging atau ikan pada campuran kelapa parut. Rasa satenya akan lebih padat dan tentu saja, lebih tinggi protein.

4. Beberuq

Foto: cookpad.com
Beberuq ini adalah olahan sambal yang berbahan dasar terong ungu bulat segar dan masih muda. Jika tak ada terong ungu bisa diganti dengan terong hijau. Tapi, di Lombok, terong yang digunakan umumnya terong ungu. Seperti biasa, bahan utama sambal di Lombok adalah terasi Lombok yang sangat khas, tomat, cabe merah, bawang merah, dan jeruk limau.
Potong terong berbentuk dadu kecil-kecil, campur dengan sambal terasi, lalu kucuri dengan minyak panas. Hmm … aromanya dijamin bikin kamu ngiler dan langsung mengambil sepiring nasi hangat.

 5. Nasi Balap

Foto: diahdidi.com
Nah, kalau ini kuliner khusus buat yang suka makan nasi sambil balapan. What?? Hehe … becanda, Guys. Nasi balap terkenal pula dengan sebutan nasi puyung, karena berasal dari desa Puyung, sebuah desa di kawasan Lombok Tengah. Lauknya sebenarnya sangat sederhana, hanya irisan daging ayam berbumbu pedas khas Lombok (ayam pelalah), kering kentang, kedelai goreng, dan kadang disertai irisan telur dadar.
Nyam … nyam … walaupun tampak sederhana, tapi lezatnya jangan ditanya. Sensari gurih dan pedas dari nasi balap yang nendang, bikin kamu bakal ketagihan untuk nambah dan nambah lagi. Wah, gagal diet dong, yah …
Nah, Takaiters, itu dia 5 kuliner pedas yang wajib kamu coba apabila sedang traveling ke Lombok. Seandainya belum bisa ke Lombok pun, kamu bisa mencarinya di sekitarmu, karena saat ini kuliner khas Lombok sudah mulai banyak tersedia di beberapa daerah di pulau Jawa.