Hi, Takaiter!

Pernah mendengar Lumpur Lapindo? Yupt, Lumpur Lapindo adalah fenomena alam yang terjadi di kabupaten Sidoarjo, Surabaya Jawa Timur. 29,99% wilayah Sidoarjo di sebelah timur adalah pertambakan. Tepatnya di kecamatan Sedati. Kalanganyar adalah sebuah desa di kecamatan Sedati yang 2/3 wilayahnya adalah terdiri atas tambak. Sehingga Desa kalanganyar ini terkenal penghasil komoditi bandeng, udang windu, kerang, kepiting, dan terasi.

Kali ini Takaitu akan membahas kuliner khas dari kecamatan Sedati, ya, Guys, yaitu tentang seafood. Nah, apa sajakah kuliner seafood yang khas dari Kecamatan Sedati? Berikut ulasannya:

1. Bandeng Bakar Cabut Duri

Foto: cookpad.com

Ikan Bandeng dari Kalanganyar kecamatan Sedati ini terkenal paling enak dan paling gurih di antara olahan ikan bandeng di seluruh wilayah Sidoarjo. Berbeda dengan bandeng dari wilayah Gresik atau Lamongan yang beraroma tanah karena dikembangbiakkan dengan air payau.
Apalagi bandeng dicabut duri kemudian dioles madu sama mentega sebelum dibakar. Aroma gurihnya memenuhi hidung dan menggugah selera makan. Dengan cocolan sambal kecap atau sambal pencit. Masyaallah … Maknyus.

2. Kepiting Asam Manis

Foto: the-coach.mi-comm.com

Selain penghasil Bandeng dengan cita rasa tinggi, kalanganyar juga penghasil Kepiting. Ketika musim kepiting, maka akan dapat ditemui kepiting yang melimpah di pasar. Kepiting asam manis ini adalah menu pilihan karena kelezatan asli dari daging kepitingnya. Ditambah dengan sensasi makan yang langsung menggunakan tangan, membuat nafsu makan jadi bertambah dan dijamin ketagihan, ya, Guys.

Pilihan Editor


3. Udang Asam Manis

Foto: selerasa.com

Kita tahu udang memiliki cita rasa yang lezat ketika dimasak menjadi apapun juga. Apalagi udang diolah asam manis, pasti sangat menggugah selera makan kamu. Rasa manis asli dari udang segar menambah kelezatan seafood ini. Udang dikupas, kemudian dicuci, dibumbuhi bawang merah, bawang putih, merica, laos, asam jawa, kemudian disiram saos. Membuat udang makin Maknyus.

4. Sate Kerang

Foto: selerasa.com

Daerah Sedati juga penghasil kerang yang melimpah, loh, Guys, hampir tiap hari kerang tersedia di pasar Kalanganyar Kecamatan Sedati atau di lapak-lapak kecil depan rumah kampung nelayan desa Pepe Kecamatan Sedati. Apalagi ketika musim kerang, para nelayan bisa membawa pulang hasil tangkapan hingga berkarung-karung.

Nah, kerang juga memiliki cita rasa dan kelezatan yang khas. Kerang juga bisa dimasak apa saja ya, Guys. Dan yang paling diminati warga kecamatan Sedati dan sekitarnya adalah sate kerang. Dengan bumbu sederhana (oseng), yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe, laos dan kecap. Membuat nafsu makan makin bertambah, ya, Guys.

5. Udang Windu Bakar

Foto: griyadhahar.blogspot.com

Seafood yang satu ini juga begitu menggoda, melihatnya tertata rapi di piring dan aroma yang menyeruak sudah bisa tergambar kelezatannya. Cara memasaknya pun mudah, hanya dengan di kupas, dioles madu sama mentega, kemudian dipanggang.

Nah, Takaiters, demikian kuliner seafood dari daerah Sedati kabupaten Sidoarjo. Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo mampirlah ke Sedati dan nikmatilah sensasi kelezatan seafood khas Kalanganyar. Selamat mencoba!