Salam Nusantara, Takaiters! Berbicara tentang melancong, pastinya kamu membayangkan kegiatan seru nan asyik. Ada banyak hal yang dapat dilakukan saat plesir. Salah satu yang paling ditunggu adalah wisata kuliner.

Jika hendak melancong ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh makanan. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa Padang menjadi salah satu ikon surga makanan yang lezat bin nikmat di Indonesia. Wah, tentunya banyak oleh-oleh yang layak diborong, nih.

Bagi kamu yang akrab dengan camilan bertekstur renyah dan gurih, cobalah untuk membeli 5 keripik (karupuak) legendaris asal Minang ini. Kira-kira keripik apa yang menjadi primadona di Minang, ya? Yuk, telusuri bersama!

Karupuak Sanjai Balado

Foto: kerupuk-sanjai.blogspot.com

Keripik ini terbuat dari singkong yang diiris tipis, bentuknya bulat atau memanjang. Kemudian singkong digoreng hingga kering dan ditiriskan. Kemudian ditambahkan bumbu balado yang tersohor itu, sehingga keripik balado nikmat siap untuk disantap.

Keripik ini sudah menjadi ikon oleh-oleh wajib ketika mengunjungi kawasan Sumatra Barat. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia sudah banyak yang membuatnya dan dijual secara online.

Pilihan Editor



Karang Kaliang

Foto: resepnusantara.id

Karak kaliang terbuat dari tepung ubi yang diberi bumbu bawang, garam, dan penyedap lainnya, serta ditambahkan pewarna kuning alami. Semua bahan dicampur sehingga menjadi adonan yang siap dibentuk menyerupai cincin kecil. Kemudian digoreng hingga tekstur krispinya keluar. Karak Kaliang juga dapat dijadikan sebagai teman untuk makan nasi, lho.

Karupuak Jangek

Foto: travelingyuk.com

Kerupuk ini memiliki kemiripan mencolok dengan kerupuk rambak asal Jawa. Bahan baku utamanya adalah kulit sapi yang masih muda. Kulit sapi ini harus melewati tahap perendaman dalam air kapur sirih dan dijemur hingga kering terlebih dahulu. Setelah itu, baru deh dipotong kecil-kecil dan dibumbui. Selanjutnya kulit sapi digoreng hingga menjadi kering dan mengembang.

Rakik Maco

Foto: resepku46.blogspot.co.id

Rempeyek ikan ini terasa nikmat karena kerenyahan ikan maco kering di tengahnya. Keripik ini berwarna kuning keemasan, bercita rasa gurih, danĀ  kadang ada sensasi pedas serta getir dari daun jeruk purut.

Arai Pinang

Foto: resepnusantara.id

Arai Pinang adalah camilan wajib yang harus disajikan saat Lebaran tiba. Biasanya, setiap rumah akan menghidangkan kerupuk yang dibuat dengan cara dipipihkan dengan garpu ini. Arai Pinang digoreng dengan minyak kelapa asli, lho. Soal rasa? hmm, dijamin sangat gurih dan renyah. Camilan ini dibuat dalam berbagai rasa sehingga meningkatkan daya jualnya.

Wah, membayangkan aneka kerupuk ini saja sudah membuat air liur mengalir. Jangan lupa memborong aneka kerupuk nikmat ini saat berlibur ke Sumatera Barat, ya.