Halo, Takaiters!

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan belakangan ini tengah menjadi tren di masyarakat. Sulitnya mencari kerja menjadi alasan bagi sebagian orang untuk lebih memilih menjadi seorang entrepreneur daripada pegawai kantoran. Selain itu, gencarnya kampanye mengenai Entrepreneur itu sendiri membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Banyak komunitas atau gerakan yang gencar menyuarakan dukungan untuk menjadi seorang Entrepreneur. Hal ini berdampak juga pada banyak munculnya Entrepreneur yang menginspirasi dengan menyuguhkan produk barang atau jasa unggulannya. Namun, dibalik itu semua ternyata ada beberapa keuntungan yang cuma bisa dirasakan oleh seorang Entrepreneur. Apa saja keuntungannya? Ini dia jawabannya!

1. Menjadi Bos

Foto: pexels.com

Sekecil apa pun usaha yang dimiliki, seorang Entrepreneur tetap akan menjadi bos dalam usahanya sendiri. Hal ini berbeda dengan pegawai kantoran yang harus melalui berbagai proses panjang sebelum bisa dinyatakan sebagai bos. Berdampak pula pada kebebasan mengambil keputusan atas usahanya dan melatih jiwa kepemimpinan bagi Entrepreneur itu sendiri.

2. Bekerja Sesuai Passion

Foto: pexels.com

Ada kalanya pekerjaannya saat ini tidak sesuai dengan passion atau kemampuan yang dimiliki. Bisa saja pekerjaan yang kita lakukan hanya karena desakan kebutuhan atau mengambil peluang yang ada. Namun berbeda dengan Entrepreneur, kita bisa memilih sendiri jenis pekerjaan apa yang akan kita lakukan sesuai dengan passion yang kita miliki. Tentu ini akan berakibat pada hasilnya nanti. Artinya hasil yang diperoleh akan lebih baik, bila pekerjaan yang ditekuni itu sesuai dengan apa yang kita sukai.

3. Mudah Mengatur Jadwal

Foto:pexels.com

Dalam hal ini, seorang Entrepreneur bisa bebas mengatur sendiri waktu yang ada, dari mulai jam kerja sampai waktu libur. Tidak perlu sama dengan orang kebanyakan, seorang Entrepreneur punya keleluasaan waktu dalam mengatur jadwalnya sendiri. Hal ini jugalah menjadi alasan bagi sebagian orang yang lebih memiih menjadi Entrepreneur daripada pegawai kantoran.

4. Dapat Meraih Penghasilan yang Maksimal

Foto: pexels.com

Sama halnya dengan keleluasaan waktu, seorang Entrepreneur juga bisa meraih penghasilan yang maksimal. Tidak seperti pegawai kantoran yang gajinya telah ditentukan perusahaan, seorang Entrepreneur bisa mengatur penghasilan yang ia dapatkan bahkan memaksimalkannya. Hal ini tergantung pada seberapa besar usaha yang dilakukannya untuk bisa mengembangkan bisnisnya menjadi lebih maju agar mendapatkan penghasilan yang terus meningkat.

5. Menciptakan Lapangan Kerja

Foto: pexels.com

Sebagian orang lebih memilih profesi sebagai Entrepreneur karena ia ingin berkontribusi pada masyarakat, salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja. Ya, seorang Entrepreneur membutuhkan pegawai, yang artinya ia bisa menciptakan lapangan kerja baru. Hal ini berarti pula bahwa seorang Entrepreneur dapat membantu perekonomian negara dengan mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Keputusan untuk menjadi seorang Entrepreneur atau pegawai kantoran adalah menjadi hak masing-masing orang. Untuk itu, ada sebagian orang yang lebih memilih menjadi tim Work Class daripada Entrepreneur. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan menjadi konsekuensi bagi pelakunya. Namun, alangkah baiknya jika keputusan yang diambil sesuai dengan passion kita. Jadi, apapun yang sesuai dengan hati, insyaallah akan berdampak baik pada akhirnya. Setuju?