Bila kita bicara soal tokoh yang paling berpengaruh untuk masyarakat Minang, belum lengkap rasanya jika tidak menyertakan sosok Ungku Saliah. Masyarakat Minang tentu sangat menghormati Syech Kiramatulla Ungku Saliah sebagai pemuka agama dan kehebatan beliau yang membuat orang berdecak kagum.

Banyak yang meyakini bahwa Ungku Saliah bukanlah orang sembarangan. Belum lagi pemahaman lebih yang beliau miliki mengenai Mazhab Syafi’i yang sangatlah dalam. Banyak literatur Minang mengatakan bahwa beliau memliki kekuatan yang dapat kita samakan dengan para wali-wali dari Jawa.

Lalu seperti apakah kelebihan yang dimiliki oleh Ungku Saliah ini? Mari kita cari tahu 5 keistimewaan Ungku Saliah yang hingga kini dipercayai masyarakat Minangkabau.

1. Memiliki doa yang sering dikabulkan

Doa merupakan salah satu yang selalu kita lakukan sebagai umat Islam. Tapi apakah seluruh doa yang kita minta akan terkabul semuanya? Tentu tidak, entah karena satu dan lain hal banyak dari doa-doa kita yang tidak dikabulkan oleh Allah.

Berbeda dengan Ungku Saliah yang selalu dan berdoa dan dikabulkan oleh Allah. Entah mengapa hal ini bisa terjadi, bahkan banyak dari murid-murid beliau yang meminta didoakan oleh Ungku Saliah agar keinginannya dapat tercapai.

2. Bisa melihat kejadian yang akan datang

Sungguh sangat mustahil bagi seseorang melihat masa depan. Bahkan, di zaman yang canggih seperti ini, mesin waktu belum pernah ditemukan. Tapi apakah kejadian yang akan datang bisa kita lihat? Tentu bisa, apalagi bagi orang-orang zaman dahulu yang memiliki indera keenam.

Salah satu indera keenam yang dimiliki oleh Ungku Saliah adalah dapat memprediksi kejadian yang akan datang dan tentu saja melalui bantuan Allah.

Pilihan Editor



3. Dipercaya dapat menyembuhkan orang sakit

Pada zaman sekarang, mungkin kita akan mengatakan dokter sebagai orang yang paham mengenai penyakit, tapi pada zaman dahulu dokter masih sedikit, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Oleh karena itu, banyak masyarakat Minangkabau yang percaya bahwa pemuka agama dapat menyembuhkan penyakit.

Salah satunya adalah Ungku Saliah yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Penyembuhannya pun sungguh sangat unik. Ungku Saliah hanya menggambil benda-benda di sekitar kemudian menempelkan pada bagian yang sakit. Dengan ridha Allah penyakit yang sudah disentuh benda tersebut hilang dalam sekejap.

4. Melawan para penjajah Belanda

Sebagai masyarakat yang mengerti kedaulatan dan kebebasan, Ungku Saliah sangat menentang penjajahan yang dilakukan oleh Belanda di tanah Minagkabau. Beliau mengikuti perang menghadapi para penjajah dan menjadi pahlawan bagi masyarakat Minangkabau

5. Menghilang dari tempat satu ke tempat lainnya

Jika kita melihat serial anime Naruto yang dapat merubah wujudnya menjadi banyak, itulah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Ungku Saliah. Beliau dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan waktu yang bersamaan.

Ilmu seperti ini biasanya hanya dimiliki oleh para wali-wali Jawa yang memiliki kesaktian tinggi. Cerita yang paling diingat oleh masyarakat Minang adalah ketika beliau melempar batu kerikil kepada air bah yang terjadi di suatu kampung. Hebatnya air malah justru berbelok dan tidak mengenai kampung tersebut.

Itulah beberapa kesaktian yang dimiliki oleh Ungku saliah. Hingga kini banyak sekali rumah-rumah makan Padang yang selalu memajang foto Ungku Saliah di setiap penjuru ruangan. Hal ini menunjukan masih banyak masyarakat Minang yang mengakui bahwa Ungku Saliah merupakan legenda yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau.