Hai, Takaiters!

Air merupakan bagian tak terpisahkan dari tubuh kita. Sebanyak lebih dari 50% tubuh manusia terdiri dari air, lho. Air memiliki peranan yang sangat penting dalam hidup manusia. Kita mungkin bisa bertahan hidup tanpa makan, tetapi tidak tanpa air.

Bagi kamu yang masih malas minum air putih, rupanya ada banyak dampak negatif yang bisa merugikan kesehatan, lho, Guys. Beberapa di antara akibat buruk kurangnya minum air putih adalah sebagai berikut,

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan kondisi yang cukup berahaya, lho. Bukan hanya bisa membuat kamu merasa haus, dan menyebabkan bibirmu kering, dehidrasi juga mengakitbatkan sakit kepala yang sangat mengganggu.

Pada tahap yang lebih berat, dehidrasi bisa menyebabkan koma hingga kematian. Karena itu, ketika kamu sedang sakit, misalnya saja dalam kondisi demam, hal yang paling penting selain minum obat adalah minum banyak cairan. Sebab dehidrasi bisa lebih membahayakan kesehatanmu ketimbang apa pun.

Infeksi Saluran Kencing atau ISK

Pernahkah kamu merasakan nyeri hebat saat akan buang air kecil? Selain itu, suhu tubuh kamu bisa meningkat, hingga yang paling parah, terdapat darah pada urin.

Yap! ISK atau Infeksi Saluran Kencing merupakan salah satu penyakit yang bisa muncul akibat kurangnya minum air putih. Saat kamu malas minum air putih, bakteri akan sulit keluar dari saluran kencing. Sebaliknya, jika kamu minum air putih yang cukup setiap harinya, tubuh kamu akan mudah mengeluarkan bakteri itu dan risiko terkena ISK pun bisa dihindari.

Sulit Berpikir

Selain berfungsi mengatur suhu tubuh, cairan juga berperan penting bagi kerja otak kamu, lho. Orang yang kurang mengonsumsi air putih bukan hanya akan merasakan sakit kepala, tetapi juga kesulitan berpikir, Guys.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang terhidrasi rupanya dapat menunjukkan kemampuan yang jauh lebih baik ketimbang yang tidak. Begitu besarnya pengaruh cairan di dalam hidup kamu, lho. Jadi, kalau kamu sudah merasa susah berpikir dan sulit berkonsentrasi, bisa jadi kamu sedang kekurangan cairan. Mirip banget sama iklan air mineral di televisi yang sering kamu tonton itu, lho.

Mudah Lelah

Badan lemas, malas ngapa-ngapain, bahkan setelah tidur yang cukup pun kamu masih merasa tidak bertenaga. Beberapa ciri yang disebutkan tadi merupakan salah satu sebab kurangnya caira tubuh, lho. Yap! Kamu yang biasanya ceria dan bertenaga, tiba-tiba kehilangan semuanya hanya karena kurang minum. Pasti enggak enak banget dilihat dong. Teman-temanmu mulai berpikir apakah kamu sedang sakit atau malah kurang piknik? Padahal, kondisi tersebut bisa jadi alarm kurangnya konsumsi air putih. Simpel, tetapi membuat banyak pengaruh besar dalam kehidupan kamu.

Kelembapan Kulit Menurun

Kalau kamu merasa masih muda, tetapi keriput sudah muncul di mana-mana, bahkan matamu tak berbeda dengan mata panda yang berkantung itu, bisa jadi kamu sedang mengalami yang namanya kurang cairan, Guys.

Cairan memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia, termasuk melembapkan kulit, lho. Terpapar sinar matahari semakin membuat kondisi kulitmu memburuk, Guys. Sebelum itu terjadi, cobalah rajin konsumsi air putih. Enggak akan merugikan, justru kamu akan terlihat lebih awet muda, lho.

Itulah beberapa kondisi yang diakibatkan kekurangan minum air putih setiap hari. Jika kamu termasuk pekerja yang sibuk banget, coba deh pasang aplikasi untuk mengingatkanmu supaya bisa tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari. Tubuh manusia tidak semuanya butuh 2 liter air perhari, Guys. Kebutuhan cairan masing-masing orang akan berbeda sesuai berat badannya, lho. So, pastikan kamu minum air putih yang cukup sesuai kebutuhan tubuhmu, ya!