Hallo Takaiters!

Baru-baru ini kita menyaksikan fenomena alam Super Blue Blood Moon yang hanya terjadi sekali dalam ratusan tahun. Apa kamu tahu, ada banyak fenomena alam lain yang tak kalah menariknya?

Untuk kamu ketahui juga, bisa jadi fenomena alam ini hanya akan kamu temui sekali dalam seumur hidup, lho! Karena fenomena ini hanya terjadi sekali dalam ratusan tahun, bahkan ribuan tahun. Penasaran? Yuk, simak beberapa fenomena alam berikut ini.

Galaksi Sejajar

5 Fenomena Alam ini Hanya Bisa Kita Temui Sekali Seumur Hidup
Foto : cbc.ca

Fenomena ini hanya terjadi sekali dalam 25.920 tahun dan juga dikenal sebagai “Galactic Allignment”. Menurut para ahli, pada saat Galactic Allignment terjadi, letak matahari, bumi dan beberapa benda langit yang lain sejajar, seperti baris dan letaknya tepat di atas garis galaksi. Fenomena ini pernah terjadi pada tanggal 21 Desember 2013.

Hujan Salju di Kairo

5 Fenomena Alam ini Hanya Bisa Kita Temui Sekali Seumur Hidup
Foto : penulispro.com

Kota Kairo yang kita kenal dengan cuaca panasnya, mengalami fenomena alam yang unik. Salju turun dengan indahnya di kota yang juga dikenal kawasan berpasir itu pada 13 Desember 2013. Hal ini ternyata juga pernah terjadi sekitar 112 tahun yang lalu, lho.

Pilihan Editor



Salju di Vietnam

5 Fenomena Alam ini Hanya Bisa Kita Temui Sekali Seumur Hidup
Foto : kyscanner.co.id

Vietnam yang merupakan negara tropis mengalami fenomena hujan salju yang serupa dengan Kairo pada 15 Desember 2013. Salju yang turun membuat cuaca berubah drastis hingga mencapai suhu minus 1 derajat celcius! Hal ini menimbulkan kemacetan lalu lintas dan membuat lahan pertanian rusak parah.

Venus Transit

5 Fenomena Alam ini Hanya Bisa Kita Temui Sekali Seumur Hidup
Foto : thejourneyler.org

Venus transit ini adalah fenomena di mana planet Venus terlihat mengelilingi matahari. Peristiwa ini pernah terjadi pada 6 Juni 2012 dan akan terjadi lagi 105 tahun mendatang! Ketika fenomena ini terjadi, Venus terlihat seperti titik hitam dan memutari permukaan matahari. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikannya, harus memakai kacamata hitam untuk melindungi mata.

Bulan Mengelilingi Bintang Spica

5 Fenomena Alam ini Hanya Bisa Kita Temui Sekali Seumur Hidup
Foto : ekliptika.files.wordpress.com

Fenomena bulan mengelilingi Spica terjadi pada November 2013. Fenomena ini terjadi selama 20 hari sebelum akhirnya bulan sabit menghilang dan berganti bulan baru. Apa itu Spica? Spica adalah bintang paling terang yang ada di rasi bintang Virgo. Nah, fenomena ini hanya terjadi beberapa ratus tahun sekali, lho.

Itu dia beberapa fenomena alam yang hanya terjadi sekali dalam ratusan tahun atau ribuan tahun. Beruntung banget, ya? kalau kita bisa melihatnya secara langsung tanda kebesaran Tuhan yang terjadi di depan mata kita.