Hallo, Takaiters!

Di Era tahun 90-an, Yahoo Messenger pernah berjaya. Sebelum mengenal adanya WA, Line, Snapchat dan lainnya, Yahoo Messenger dikenal sebagai aplikasi chatting  yang menjadi pilihan terpopuler di zamannya.

17 Juli 2018 merupakan tanggal resmi ditutupnya Yahoo Messenger. Sayang sekali Yahoo Messenger ini kalah saing dengan yang lainnya sehingga akhirnya aplikasi ini ditutup.

“Kami tahu kami memiliki banyak penggemar setia yang telah menggunakan Yahoo Messenger sejak awal sebagai salah satu aplikasi obrolan pertama dari jenis lainnya,” seperti dilansir Yahoo dalam siaran persnya.

Ditutupnya Yahoo Messanger atau kerap disebut YM, sebenarnya untuk memperkenalkan aplikasi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Ada 5 fakta menarik mengenai Yahoo Messenger ini, simak yuk, Takaiters!

1. Penggunanya Telah Mencapai 1 Milyar di Seluruh Dunia

Foto: seeklogo.com

Yahoo Messenger, penggumanya telah mencapi 1 Milyar di seluruh dunia. Aplikasi ini pernah menjadi terfavorit pilihan semua warganet. Aplikasi pesan instan yang cukup digemari pada zamannya.

2. Dikenal sebagai Yahoo Pager

Foto: pinterest.com

Tahun 1998, Yahoo Messanger diluncurkan sebagai Yahoo Pager. Aplikasi pesan instan  pertama yang  cukup menyedot banyak perhatian penggunanya.

3. Aplikasi Chating Pertama Terpopuler

Foto: uk.pcmag.com

Yahoo Messanger atau kerap disebut YM, merupakan aplikasi chatting pertama yang diluncurkan dan menjadi booming. YM menjadi pilihan warganet terpopuler di era tahun 90-an.

4. Beragam Fasilitas Yahoo Messanger

Foto: techspot.com

Yahoo Messanger menawarkan fasilitas PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, dan chat rooms.

5. Setelah Yahoo di Akuisisi, CEO Yahoo, Marissa Mayer Mengundurkan Diri

Foto: qz.com

Kalah saing dengan  aplikasi yang lebih moedern seperti WhatsApp,
 Facebook Messenger, dan Snapchat, akhirnya  Yahoo di  akuisisi di bulan Juni 2017 disertai mundurnya CEO Marissa Mayer.

Satu tahun berlalu, tanggal 17 Juli 2018 kemarin Yahoo Messenger resmi ditutup setalah 20 tahun pernah berjaya.

Berakhirnya kiprah Yahoo Messenger membuktikan bahwa seiring zaman teknologi akan semakin berkembang dan yang populer pun bisa kalah bersaing dengan yang lain.

So, Takaiters bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Dunia itu berputar, ada saatnya di atas, ada saatnya juga di bawah. Jangan sombong dengan pencapaian tinggi. Teruslah berusaha, berinovasi, dan jangan lupa terus berdoa, ya, Takaiters!