Holla, Takaiters!

Tak terasa ya, Guys, piala dunia 2018 kini memasuki babak semi final. Tersisa ada empat negara yang maju ke babak semifinal, yaitu Prancis yang sukses mengalahkan Uruguay, lalu ada Belgia yang dengan meyakinkan menghantarkan Neymar dan kawan-kawan pulang kampung ke negaranya Brazil. Lalu ada pasukan Three lions (Inggris) yang semalam tampil dengan luar biasa menyingkirkan tim yang tak pernah gagal mencetak gol di tiga laga sebelumnya, Swedia. Dan terakhir ada kuda hitam yang cukup mengejutkan berhasil membekuk tuan rumah Rusia lewat drama adu pinalti, Kroasia.

Ya, memang siapapun mengakui bahwa piala dunia 2018 ini banyak kejutannya. Tak bisa diprediksi dan banyak sekali fakta menariknya. Dari sekian banyaknya fakta menarik yang menjadi perhatian dunia, ada setidaknya 5 hal yang sempat menjadi buah bibir dan viral di media sosial.

1. Banyak Kuda Hitam

Fakta Menarik yang Sempat Viral dari Piala Dunia 2018
Foto: detik.net

Dalam sepakbola, ada tim yang disebut kuda hitam. Tim ini biasanya tidak diprediksi melaju hingga ke babak-babak selanjutnya, namun nyatanya mereka melenggang manis dengan meyakinkan. Sebut saja ada Kroasia, Belgia, Rusia, Swedia. Keempat negara ini tidak pernah disangka bakalan maju sejauh itu. Tak ada yang menjagokan mereka. Namun justru disitulah letak keunikan yang ditungu-tunggu publik sepakbola.

2. Negara yang Dijagokan Pulang Lebih Awal

Fakta Menarik yang Sempat Viral dari Piala Dunia 2018
Foto: sepakbola.com

Ada beberapa negara yang dijagokan bakalan membawa pulang piala Dunia malah gugur di tengah jalan. Sebut saja, timnas Italy yang bahkan tidak masuk ke fase grup. Lalu tim Panzer Jerman yang gagal ke babak perempat final di tangan Korea Selatan. Spanyol dan Portugal pun yang digadang-gadang akan mengangkat trofi piala dunia gagal dengan dramatis.

Pilihan Editor



3. Banyak Rekor Baru Tercipta Sejauh Ini

Fakta Menarik yang Sempat Viral dari Piala Dunia 2018
Foto: independent.co.uk

Piala Dunia 2018 ini memang sangat berbeda. Selain mengejutkan dengan tumbangnya timnas-timnas favorit, juga bermunculannya rekor baru. Sebut saja Kylian Mbappe pemain brusia 19 tahun asal Prancis itu menyamai rekor legenda sepakbola Brazil, Pele. Setelah 60 tahun tidak ada yang menyamai Pele, akhirnya Mbappe melakukannya yaitu mencetak dua gol dalam satu kali pertandingan di usia yang masih sangat belia. Lalu ada rekor Spanyol yang melakukan passing 1000 kali lebih ke gawang Rusia, kemudian Rusia yang untuk pertama kalinya melaju ke babak perempat final sejak pecahnya uni soviet dan lain-lain.

4. Tim Jepang yang Membanggakan Dunia

Fakta Menarik yang Sempat Viral dari Piala Dunia 2018
Foto: jarijari.co.id

Adalah Tim Samurai Biru Jepang yang meskipun gagal melaju ke babak selanjutnya, namun meningglkan sejuta kenangan manis untuk seluruh publik dunia. Jepang yang terkenal dnegan kedisiplinannya disebut sebagai negara dengan tempat ganti terbersih. Bahkan foto-foto tempat berkumpulnya pemain Jepang di Stadion yang bersih dan rapi sempat menjadi viral. Bukan itu saja, suporter Jepang dalam setiap kali pertandingan Jepang menang atau pun kalah akan selalu memunguti sampah yang mengotori stadion.

5. Adanya Teknologi Video Assistant Refereee (VAR)

video assistant referee VAR
Foto: theindependent.sg

Untuk pertama kalinya piala dunia memakai teknologi ini. Sebuah video asisten wasit yang bisa mempengaruhi keputusan wasit utama. Tujuannya untuk menjamin petandingan yang lebih sportif, namun dalam praktiknya banyak yang tidak menyukai VAR ini. Maka, hingga saat ini VAR masih menjadi pro kontra.

Itulah 5 fakta menarik dari piala dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia hingga saat ini. Selain lima ini, tentu saja masih banyak fakta unik dan mengejutkan lainnya.