Takaiters, setiap orang pastinya punya masalah. Tapi, bukan berarti kamu harus selalu bersedih terus menerus, bukan? Apalagi masalah yang dialami bersumber dari trauma masa lalu. Meskipun  kamu merasa susah move on dari masa lalu, bukan berarti tidak bisa bangkit berdiri lagi.

Nah takaiter, berikut 5 cara agar kamu bisa move on dari masa lalu:

1. Mendekatkan Diri Kepada Yang Maha Kuasa

Semakin banyak masalah yang dialami, maka kamu harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Jadikanlah Yang Maha Kuasa, satu-satunya tempat kita mengadu dan berlindung, agar kita tetap berada di jalan-Nya.

2. Membangun Pikiran Positif

Masalah di masa lalu memang sering membayangi, namun bukan berarti kamu harus hidup terus dengannya. Mulai bangunlah fikiran positif dan jadikan semuanya pembelajaran, belajarlah memaafkan masa lalu dengan menjadi pribadi yang lebih baik. Buang jauh-jauh semua prasangka negatif, karena jika kamu hidup dengannya maka kamu tidak akan pernah merasa bahagia.

3. Bergaul dengan Lingkungan yang Baik

Mulailah membuka diri, carilah sebanyak-banyaknya teman dan pastikan kamu berada di lingkungan orang-orang yang selalu membawa kamu ke arah kebaikan bukan sebaliknya. Hindari berteman di lingkungan yang membawa kamu ke arah negatif, karena biasanya orang sedang banyak masalah akan mudah dipengaruhi.

4. Tekuni Apa yang Menjadi Passion Kamu

Agar hari-hari yang dijalani tidak membosankan, kamu bisa mulai menekuni passion yang kamu suka, seperti menulis, membaca buku dan sebagainya. Selain bisa mengisi hari-harimu, menjalankan passion dengan tekun pun dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

5. Minta Bantuan Tenaga Profesional yang Ahli dalam Bidangnya

Jika masalah yang kamu hadapi di masa lalu begitu berat, apalagi sampai membuat depresi, maka itu tandanya kamu harus mulai berpikir untuk berkonsultasi dengan ahlinya seperti psikolog ataupun orang yang bisa membantu mu untuk melakukan terapi self healing.

Takaiters, segelap apapun masa lalu, jangan terus berpaling ke belakang karena semua sudah kamu lewati. Kini saatnya untuk menatap masa depan yang lebih baik dan jadilah pribadi yang kuat.