Halo Takaiters,

Pasti sudah tahu semua ya, kota yang mempunyai julukan ‘kota hujan’? Yup, Kota Bogor. Curah hujan kota Bogor memang termasuk tinggi sehingga wajar jika mendapat julukan seperti itu. Selain dikenal sebagai kota hujan, Bogor juga terkenal dengan kuliner khasnya, seperti asinan buah dan sayuran, soto mie, tauge goreng, dan yang tak kalah maknyus adalah talas Bogor.

Berbicara tentang talas Bogor, sekarang makin beragam loh camilan yang memanfaatkan talas Bogor. Dari mulai umbi talasnya langsung dijadikan camilan sederhana dengan cara digoreng atau dikukus sampai yang diproses lebih dulu menjadi tepung sebagai bahan dasar camilan yang lebih modern. Tidak hanya rasanya yang enak, kemasannya pun membuat penasaran yang melihatnya. Cocok deh buat oleh-oleh.

Mau tahu camilan khas Bogor apa saja yang menggunakan talas Bogor? Cekidot!

1. Lapis Bogor

oleh-0leh berbahan talas asal bogor
Foto : lapistalasbotani.com 

Bolu yang berbahan dasar tepung talas ini sepertinya sudah menjadi ikon oleh-oleh kota Bogor. Kalau kamu berkunjung ke Bogor, rasanya kurang afdhol jika tak sempat mencicipinya ataupun membawanya sebagai oleh-oleh.

Lapis Bogor pertama kali dikembangkan oleh Rizka Wahyu Romadhon. Kini  dikenal dengan sebutan lapis Bogor Sangkuriang. Rizka terus menerus berinovasi menciptakan berbagai varian rasa dan aroma. Dari mulai rasa full talas keju, aroma teh hijau keju, strawberi keju, cocho keju, durian keju, dll. Harga satu dus lapis Bogor tergantung dari variannya. Dari mulai harga Rp. 29.000 sampai harga Rp. 33.000.

2. Brownies talas

oleh-0leh berbahan talas asal bogor
Foto : browniestalasbogor.wordpress.com

Bagi kamu yang hobi brownies, kamu wajib mencoba brownies talas kota Bogor ini. Dijamin ketagihan deh. Bahan dasar tepung terigu yang diganti dengan tepung talas tentu saja memberikan sensasi berbeda pada rasa dan aromanya. Harga satu dus brownies talas adalah Rp. 32.000.

Pilihan Editor



3. Bika Bogor talubi

oleh-0leh berbahan talas asal bogor
Foto : anekawisata.com

Kalau Medan punya bika Ambon, maka Bogor punya bika Bogor talubi alias bika Bogor talas ubi. Warnanya yang cerah tampak menggoda lidah untuk mencicipi. Apalagi rasa manisnya pas gak bikin eneg. Ada berbagai jenis varian rasa dan aroma bika Bogor talubi. Rasa talas original, rasa coco pandan, rasa nangka, dan rasa ubi madu.

Bagaimana dengan harganya? Tenang guys, harga bika Bogor talubi sangat bersahabat. Untuk jenis bika yang bentuknya kotak memanjang, harganya sebesar Rp. 35.000 per dus. Sedangkan untuk bika talas mini yang bentuknya bulat-bulat mini, kamu hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp. 29.000 per dus. Setiap dus berisi 10 biji kue dengan campuran varian rasa.

4. Stick talas

Foto : cdninstagram.com

Sudah pernah makan stick kentang atau stick singkong? Nah, ada satu camilan berbentuk stick lagi yang wajib kamu coba. Yup, stick talas Bogor. Rasanya yang gurih dan renyah, sangat cocok buat kamu yang suka camilan kriuk-kriuk. Kamu bisa memilih mau yang varian original atau pedas. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp 20.000 -Rp 25.000 per 250 gram.

5. Keripik talas

oleh-0leh berbahan talas asal bogor
Foto : 4.bp.blogspot.com

Camilan gurih dan renyah lainnya selain stick talas adalah keripik talas. Pas banget untuk menemani suasana santai kamu. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan kripik singkong, kecuali rasanya yang sudah pasti berbeda. Keripik talas mempunyai dua varian rasa, original dan pedas. Harganya rentang antara Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 per 250 gram.

Bagaimana Takaiters? Sekarang sudah gak usah pusing lagi memilih oleh-oleh ya, kalau kamu sedang berkunjung ke Kota Bogor. Kamu bisa dengan mudah menemukan 5 jenis camilan ini di toko kue-toko kue besar di Kota Bogor.