Halo, Takaiters!

Zaman sekarang kecanggihan adalah makanan sehari-hari. Jarak yang terbentang tidak lantas memisahkan manusia untuk berhenti berkomunikasi. Kemudahan dalam mengakses informasi juga membuat setiap orang bebas untuk melakukan pekerjaan dari rumah.

Namun, apakah dengan berkomunitas di dunia maya yang notabene kita sendiri belum kenal itu aman?

Segala hal di dunia ini ada hal positif dan negatif, sehingga setiap hal perlu dilakukan sesuai batasannya. Termasuk dalam hal ini, yaitu berteman.

Berteman ataupun tergabung dalam sebuah komunitas bisa memberikan efek yang baik kepada diri seseorang. Apalagi komunitas tersebut bisa meningkatkan potensi dan kesempatan berkembang yang besar. Tidak menutup kemungkinan komunitas online ataupun offline.

Bagi orang yang tidak terbiasa berselancar di dunia online akan merasa was-was jika diajak untuk bergabung dalam sebuah komunitas dunia maya.

Memang ada hal-hal yang harus diperhatikan saat kamu ingin bergabung dalam komunitas online, diantaranya : tujuan dan misi ke depan dari komunitas tersebut, sesuaikah dengan ilmu atau manfaat yang dicari, siapa sajakah anggotanya, dan bagaimana cara berinteraksinya.

Hal tersebut di atas, bisa menjadi pertimbangan kamu saat ingin bergabung dalam sebuah komunitas. Baik komunitas dalam dunia maya ataupun dunia nyata.  Yang namanya berkumpul, berarti dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi sama.

Jika komunitas itu tidak sesuai dengan prinsip yang dipegang, maka keluarlah.

Ada hal-hal kecil tetapi memiliki efek yang besar saat bergabung dalam sebuah komunitas di dunia maya, di antaranya:

1. Tidak terikat waktu

Foto: pexels.com

Kesibukan terkadang menjadi sebuah alasan yang menghalangi seseorang. Manajemen waktu diperlukan dalam setiap kesempatan, baik dalam berbisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui komunitas online, maka waktu tidak menjadi alasan lagi, karena informasi bisa diakses kapan saja.

2. Bisa ber-Multitasking

Foto: edp24.co.uk

Rutinitas pekerjaan seringkali membuat kita terfokus dalam satu waktu. Padahal ada hal lain yang bisa dilakukan di waktu bersamaan.

3. Memperluas jaringan dari seluruh Indonesia bahkan dunia

Foto: pt.pngthree.com

Akses internet tidak bisa membatasi informasi. Walaupun kita tengah dilanda kesibukan tapi saat waktu senggang tetap bisa mengikuti perkembangan dari komunitas yang diikuti.

4. Bisa bertemu dengan orang-orang yang Like interest atau common interest

Foto: pexels.com

Saat bergabung dalam sebuah komunitas maka kemungkinan untuk bertemu dengan orang-orang bertujuan sama semakin besar (common interest) atau memiliki kesamaan dalam bidang (like interest). Di sinilah banyak kesempatan untuk memperluas jaringan dan meningkatkan ilmu.

5. Menambah ilmu dan kreativitas

Foto: pexels.com

Sebuah komunitas bernilai positif ketika mampu memberikan efek yang baik pada anggotanya. Komunitas yang baik akan menawarkan banyak kegiatan yang dapat meningkatkan skill dan ilmu anggotanya. Baik itu berupa sharing atau pertemuan rutin.

Baik buruknya komunitas bergantung dari kesepakatan semua anggota. Saat terjalin kerja sama yang baik dalam komunitas tersebut, maka bukan tidak mungkin kesuksesan akan diraih bersama-sama.

Nah, Takaiters, Siapkah kamu sukses dalam sebuah komunitas hebat?