Halo Takaiters! Tahun Baru 2018 sudah ada di depan mata. Pergantian tahun hal yang ditunggu-tunggu semua orang. Tapi tahukah Guys, ada beberapa tahun baru yang dirayakan di Indonesia. Kamu mau tahu?

1. Tahun baru Masehi

jenis tahun baru di indonesia
Foto : habadaily.com

Tahun baru Masehi dirayakan setiap tanggal 1 Januari mengawali kalender Masehi. Tahun baru ini dirayakan oleh semua orang di belahan dunia. Banyak cara untuk merayakannya. Pesta kembang api, terompet,acara musik.

Acara hitung mundur atau count down menjelang pukul 24.00 tanggal 31 Desember menjadi saat yang ditunggu-tunggu untuk menyambut pergantian tahun . Semua stasiun TV beramai-ramai menayangkan acara tahun baru ini.

2. Tahun baru Hijriyah

jenis tahun baru di indonesia
Foto : nu.or.id

Penanggalan awal tahun baru milik umat Islam ini jatuh pada tanggal 1 bulan Muharam, menandai pergantian tahun Hijiryah yang baru. Kalender Hijriyah terdiri dari 12 bulan diawali dengan Muharram dan diahkiri bulan Djulhijjah, dengan jumlah hari per bulan sebanyak 29-30 hari.

Mengapa tahun baru Umat Islam ini dinamakan tahun baru Hijriyah ?untuk menandai peristiwa penting yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Semarak tahun baru Hijriyah biasanya dirayakan dengan pawai obor pada malam harinya, serta festival Islami lainnya.

3. Tahun baru Imlek

jenis tahun baru di indonesia
Foto : tstatic.net

Tahun baru umat Tionghoa ini jatuh pada tanggal 1 awal bulan penanggalan Cina. Perayaannya  berakhir pada hari ke-15 dengan perayaaan Cap Gomeh. Penganan yang khas dari pada perayaan Imlek adalah kue Keranjang.  Salah satu tradisi uniknya adalah memberi amplop merah atau Angpau berisi uang yang diberikan kepada anggota keluarga yang belum menikah.

4. Tahun baru Saka

jenis tahun baru di indonesia
Foto : playwebgame.com

Takaiters, apakah mengenal Hari Raya Nyepi? Ya, hari raya Nyepi menandakan awal pergantian tahun pada Kalender Saka jatuh pada tanggal 1 bulan Caitra. Dirayakan oleh seluruh umat Hindu.

Suasana Tahun Saka akan terasa ketika berada di Bali. Semua aktivitas terhenti termasuk pelayanan umum seperti bandara, tapi tidak untuk rumah sakit. Kalender Saka terdiri dari 12 bulan dengan jumlah hari sebanyak 30 hari per bulan.


Oke, Takaiters itu tahun baru yang biasa dirayakan di Indonesia, kamu suka merayakan yang mana