Boleh jadi tanggal 27 Desember 2017 silam menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh para konsumen smartphone di tanah air. Pasalnya, hari itu secara resmi Xiaomi mendagangkan smartphone keren terbaru mereka, Xiaomi Redmi 5A, via program flash sale di salah satu situs e-commerce ternama.

Buat kamu yang belum tahu, Redmi 5A adalah sebuah ponsel yang berbekal spesifikasi mumpuni dan dibanderol hanya satu juta kurang seribu rupiah. Dengan mengusung SoC Snapdragon 425, layar beresolusi HD seluas 5 inci, serta kapasitas baterai yang besar 3000mAh, serta harga semurah itu, siapa yang tak tergoda?

Akan tetapi, pada akhirnya tak sedikit masyarakat yang harus gigit jari. Sebab, permintaan yang membludak tak sebanding dengan stok ponsel yang tersedia. Hanya dalam hitungan menit saja ponsel ini sudah ludes diserbu pembeli. Flash sale putaran kedua yang dihelat 3 Januari kemarin pun berakhir sama mengecewakannya bagi sebagian banyak pemburu ponsel pintar ini.

Biar begitu, kamu yang mengharapkan ponsel murah namun punya kualitas jempolan, jangan patah arang dulu. Di bawah ini Takaitu akan sajikan empat smartphone dengan harga sama-sama tak lebih dari satu juta rupiah namun punya fitur dan spesifikasi yang tak kalah ciamiknya dengan ponsel besutan vendor asal negeri tirai bambu tersebut.

Samsung J1 mini (sekitar Rp895.000)

4 Smartphone Keren satu Juta Rupiah
Foto: myworldphone.com

Samsung sebagai penghuni reguler tiga besar ponsel paling laris di dunia selama beberapa tahun ini tentunya tak mau kalah dari Xiaomi untuk merebut pangsa pasar kelas bawah di Indonesia. Oleh karena itu, mereka meluncurkan Samsung J1 Mini.

Pabrikan asal Korea Selatan ini membekali ponsel tersebut dengan layar 4 inci, kamera utama 5MP, baterai 1500mAh, serta sistem operasi Android 6.0 Marshmallow langsung dari kotak kemasannya. Meski spesifikasinya kalah mentereng dari Redmi 5A, namun masih banyak orang yang percaya dengan nama besar Samsung ketimbang Xiaomi.

Pilihan Editor



Asus Zenfone Go (sekitar Rp850.000)

4 Smartphone Keren satu Juta Rupiah
Foto: oketekno.com

ASUS termasuk jenama ponsel yang cukup rajin merilis produk-produknya di Indonesia. Produsen asal Taiwan ini masih bergairah untuk ikut berkompetisi dengan brand lain di ceruk entry-level seperti ini. Untuk kisaran harga di bawah satu juta, mereka mengandalkan seri Zenfone GO.

Dengan layar seluas 4,5 inci, RAM 1GB, memori internal 8GB, serta baterai berkapasitas 2070mAh, Zenfone GO adalah smartphone terjangkau yang cocok buat kamu yang masih kurang yakin dengan kualitas ponsel Xiaomi Redmi 5A namun menganggap spesifikasi ponsel Samsung J1 Mini tak sepadan dengan harga yang dibanderolnya. Sayangnya, ponsel Dual-SIM ini tidak mendukung jaringan 4G.

Evercoss U60 (sekitar Rp950.000)

4 Smartphone Keren satu Juta Rupiah
Foto : grid.id

Tak mau kalah dengan produk-produk internasional, Evercoss, sebagai salah satu merek ponsel terdepan asal Indonesia pastinya sadar bahwa masyarakat sudah lebih pintar untuk memilih ponsel yang punya fitur dan spesifikasi yang sepadan dengan harga yang ditawarkan. Sebagai jawabannya, mereka merilis Evercoss U60.

Walau besaran RAM serta kapasitas internalnya cuma separuh dari Xiaomi Redmi 5A, namun ponsel ini punya deretan kelebihan yang bisa bikin sobat Takaiters berpaling dari ponsel Cina tersebut.

Evercoss U60 telah mengadopsi rasio layar 18:9 atau yang lazim disebut ‘fullview display’ dengan luas 5,7 inci HD. Sudah mendukung jaringan 4G LTE, sistem keamanan berbasis sidik jari, serta baterai jumbo di kelasnya, yakni 3200mAh. Tak hanya itu, Evercoss U60 juga sudah menggunakan konfigurasi kamera ganda dengan kombinasi lensa 8MP + 2MP yang lumayan mumpuni untuk kebutuhan fotografi sehari-hari.

Himax Polymer Octacore (sekitar Rp899.000)

4 Smartphone Keren satu Juta Rupiah
Foto: teknovaria.com

Satu lagi ponsel asli tanah air di bawah satu juta rupiah yang layak untuk kamu pertimbangkan. Kendati usianya sudah cukup lawas (awal diluncurkan tahun 2014), namun spesifikasinya masih relevan dengan tuntutan zaman.

Beberapa fitur utama dari ponsel ini adalah layar IPS berbentang 5 inci dengan resolusi HD, RAM 2GB, baterai 2500mAh, serta kamera depan dan belakang yang masing-masing beresolusi 13MP dan 5MP. Di atas kertas, semua keunggulan ponsel ini tak kalah dengan Redmi 5A bukan?

Itulah empat smartphone dengan harga sama-sama tak lebih dari satu juta rupiah namun punya fitur dan spesifikasi yang tak kalah ciamiknya dengan ponsel besutan vendor asal negeri tirai bambu tersebut.