Halo, Takaiters!

Siapa yang tak kenal masakan yang satu ini? Yups, rendang bahkan sudah diakui oleh dunia menjadi masakan terlezat menurut Wold’s 50 Delicious Food versi CNN. Indonesia patut bangga dengan pecapaian ini.

Menu ini biasa disajikan acara-acara spesial atau bulan Ramadan dan lebaran, banyak keluarga Indonesia menjadikan rendang menu wajib untuk acara kumpul keluarga, tentu kamu ingin tahu, ya, apa rahasia kelezatan masakan ini. Yuk, intip ulasannya di bawah ini.

1. Santan Segar

rahasia kelezatan rendang
Foto: detik

Dalam memasak rendang, santan adalah unsur mutlak agar dapat menghasilkan dedak rendang yang baik. Pilihlah kelapa yang cukup tua dan ambillah santan kentalnya, jangan pernah memakai santan kemasan karena tak akan menghasilkan dedak rendang, apalagi pakai susu.

2. Bahan pilihan

rahasia kelezatan rendang
Foto: hungryforever.com/

Semua bahan dipilih yang segar, mulai dari pemilihan cabe merah, kelapa yang cukup tua untuk menghasilkan santan yang baik, bumbu rempah sampai pada pemilihan daging, yang biasa digunakan adalah daging kerbau atau sapi yang tidak banyak lemak, bagian paha atau bahu paling pas.

Untuk bumbu rendang ada  sekitar 13-17 macam bumbu yang digunakan dalam proes pembuatannya. Beberapa bumbu disangrai agar aromanya benar-benar ke luar sehingga menghasilkan aroma rendang yang khas.

3. Proses Memasak

rahasia kelezatan rendang
Foto: cloudfront.net

Sebanding dengan rasanya proses memasak rendang cukup lama sekitar 6-12 jam, sehingga bumbu meresap dalam daging. Rendang berasal dari kata ‘Marandang’ yang berarti memasak dengan menghilangkan kadar air dan memakai api kecil.

Rendang di Ranah Minang dimasak dengan mengunakan kayu , orang-orang tua dulu memakai kayu kulit manis dan sabut kelapa sehingga hasil rendangnya sangat lezat dibandingkan dengan rendang yang dimasak dengan kompor gas atau tungku minyak tanah

4. Wadah untuk menyimpan

rahasia kelezatan rendang
Foto: detik.com

Untuk menyimpan dipilih wadah yang bersih dan kering agar rendang bisa bertahan lama, rendang bisa bertahan 2-3 bulan tanpa dipanaskan.

Demikian rahasia kelezatan rendang yang tidak banyak diketahui orang, ada pada pemilihan daging yang baik, proses pemasakan, serta penyimpanan yang tepat. Kamu tertarik untuk memasak rendang sendiri? Selamat mencoba !