Halo, Takaiters!

Salah satu obyek wisata yang sering dijadikan destinasi wisata saat liburan adalah museum. Selain ringan di kantong, berwisata ke museum dapat menambah wawasan tentang keluhuran sejaran Indonesia. Bagi kamu yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, pasti tidak asing dengan kawasan Kota Tua.

Kawasan Kota Tua merupakan salah satu kawasan wisata sejarah yang terkenal. Selain mudah dijangkau dan murah meriah, banyak hal tentang sejarah Indonesia dapat dipelajari di sini. Ada beberapa museum yang tersebar di beberapa area yang dapat kamu kunjungi saat berwisata ke Kota Tua. Mau tahu museum apa saja? Berikut ulasannya,

1. Museum Fatahillah

Inilah 4 Museum yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berwisata ke Kota Tua
Foto : sportourism.id

Museum yang merupakan saksi bisu dari perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan, dulu Museum ini bernama Museum Batavia.

Pada masa penjajahan Belanda, atau tepatnya ketika VOC menguasai Indonesia, tempat ini digunakan sebagai balai kota, ruang pengadilan, dan juga penjara bawah tanah.

Tidak hanya peninggalan penjajahan Belanda saja yang dapat kamu temukan di museum ini, Guys, kamu juga bisa melihat peninggalan benda-benda dari masa prasejarah dan zaman kerajaan.

Untuk memasuki museum ini, kamu hanya dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000,00 untuk orang dewasa dan Rp 2.000,00 untuk anak-anak. Murah banget, bukan?

2. Museum Wayang

Foto: wisatakita.com

Salah satu kekayaan budaya Indonesia yang wajib dilestarikan adalah wayang. Di Museum Wayang tersimpan berbagai jenis wayang dari seluruh wilayah Indonesia dan juga dari mancanegara seperti Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, India dan Kamboja.

Gedung Museum Wayang ini dibangun sekitar tahun 1640 dan merupakan sebuah gereja lama Belanda. Gedung ini diresmikan sebagai museum pada tanggal 13 Agustus 1975. Di dalam museum ini, ada teater pertunjukan wayang kulit. Pada hari tertentu kamu bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit lengkap dengan gamelan pengiringnya.

Tiket yang dikenakan juga cukup terjangkau, Rp 5.000,00 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000,00 untuk anak-anak.

3. Museum Bank Indonesia

Inilah 4 Museum yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berwisata ke Kota Tua
Foto : bayuwinata.files.wordpress.com

Sebelum dijadikan sebagai museum, tempat ini merupakan rumah sakit Binnen Hospital. Kemudian berubah fungsi menjadi bank yang diberi nama De Javasche Bank pada tahun 1828. Museum Bank Indonesia adalah awal bermulanya Bank Indonesia yang ada sekarang.

Setelah kemerdekaan dikumandangkan, pengendalian moneter dan ekonomi dilakukan di museum ini, Guys.

Kamu akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang terbentuknya Bank central yang ada di Indonesia, di Museum Bank Indonesia ini. Bagi kamu Pemerhati sejarah, tidak salah jika kamu berkunjung ke museum ini.

Pilihan Editor



4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Foto: triptus.com

Salah satu museum yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Kota Tua adalah Museum Seni Rupa dan Keramik. Di dalam museum ini kamu bisa melihat berbagai macam lukisan yang indah. Terdapat sedikitnya 350 lukisan dan sekitar 1.350 jenis keramik dari berbagai daerah, misalnya saja dari Asia, Eropa dan tentunya juga dari nusantara Indonesia.

Apa keunikan dari museum ini? Museum ini memiliki keramik yang berasal dari zaman kerajaan Majapahit di abad ke-14. Selain memiliki berbagai macam keistimewaan dan keindahan, keramik-keramik itu juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Kamu bisa belajar bagaimana teknik membuat keramik, mulai dari pemijatan hingga menggunakan roda putar di studio gerabah. Museum ini juga menyediakan toko yang menjual cindera mata. Kamu bisa membeli cindera mata seperti kartu pos, buku seni rupa, lukisan, keramik lucu, dan juga buku dalam hal seni rupa.

Jadi, jangan tunda lagi, Yuk, segera agendakan liburan kamu untuk mengunjungi 4 Museum bersejarah dan menyimpan kekayaan kebudayaan Indonesia di Kota Tua ini.