Kuliner

Inilah 4 Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Rumah Makan Padang

Foto : pegipegi.com

Nasi Padang layak ditahbiskan sebagai salah satu kuliner yang paling diburu di Indonesia. Nikmatnya nasi padang begitu terkenal. Tidak heran, banyak rumah makan Padang menjamur di mana-mana.

Saking populernya hidangan ini, seorang bule asal Norwegia membuat sebuah lagu berjudul “Nasi Padang”. Sudah jelas bahwa sang bule terpincut karena cita rasa dan kelezatan makanan khas Minang tersebut. Lagu tersebut mendapat atensi dari masyarakat dunia, bahkan sempat menjadi viral di Youtube.

Selain terkenal karena kelezatan hidangannya, ternyata ada 4 fakta unik yang dapat Takaiters jumpai di rumah makan Padang. Hmm, penasaran untuk mengetahui lebih lanjut? Berikut penjelasannya ya, Guys :

Tidak ada warung yang bertuliskan “Rumah Makan Padang” di Sumatera Barat

fakta unik nasi padang sumatera barat

Foto : flickr.com

Faktanya, rumah makan Padang yang menjamur di berbagai daerah Indonesia ini tidak akan dijumpai sama sekali di tanah asalnya. Tidak ada warung yang bertuliskan ‘Rumah Makan Padang’ di Sumatera Barat. Mungkin karena warung tersebut memang sudah berada di ‘rumah’ mereka sendiri, jadi tak perlu ada predikat tambahan yang memperjelas kedudukan mereka sebagai Rumah Makan Padang. Berbeda dengan daerah lain yang ditambahkan keterangan ‘Padang’ sebagai pembeda dengan warung lokal.

Pilihan Editor

Porsi nasi yang dibungkus lebih banyak dari pada porsi makan di tempat

fakta unik nasi padang sumatera barat

Foto : mikirsimple.wordpress.com

Keajaiban dari rumah makan Padang yang lain adalah, jumlah porsi nasi yang dibawa pulang akan jauh lebih banyak dari pada saat Takaiters memutuskan makan di tempat. Ternyata ada cerita yang mendasari hal tersebut.

Konon dulunya orang yang mampu memakan hidangan di restoran hanyalah orang-orang yang berada alias kaya, saudagar, dan juga kolonial Belanda. Sementara orang-orang yang kurang beruntung atau pribumi hanya bisa membeli nasi bungkus. Oleh sebab itu pemilik restoran memberikan porsi nasi yang lebih banyak pada pembeli yang memilih take away daripada dine-in.

Titiang manitiang, pelayanan yang terampil membawa banyak piring ke meja makan

fakta unik nasi padang sumatera barat

Foto : 1.bp.blogspot.com

Keterampilan para pelayan dalam membawa banyak piring dapat menjadi salah satu indikator bahwa Takaiters sedang mengunjungi rumah makan asli Padang. Jika Takaiters perhatikan, piring-piring yang ditumpuk di lengan kiri  si pelayan memiliki diameter sekitar 15 cm. Piring-piring tersebut ditata di lengan kiri, mulai dari 3-5 masakan sekaligus. Singkat kata, begitu multitasking ya.

Pada dasarnya, rumah makan Padang adalah perwujudan dari konsep makanan cepat saji ala Nusantara. Jadi pelayan berkewajiban untuk mengantarkan makanan agar tidak bolak-balik, harus dalam satu waktu. Oleh karena itu tradisinya piring ditumpuk di lengan kiri, dengan tangan kanan untuk menyajikan. Super sekali!

Daun singkong dan gulai nangka sayuran wajib yang harus ada di Rumah Makan Padang

fakta unik nasi padang sumatera barat

Foto : damniloveindonesia.com

Lain ladang, lain ilalang, lain lubuk lain ikannya. Di Pulau Jawa, sajian lengkap nasi padang berisikan lauk pauk, nasi, gulai nangka atau jangan tewel (menurut orang Jawa), dan daun singkong. Gulai nangka dan daun singkong ini seolah tak bisa terpisahkan ketika menyantap hidangan dari Rumah Makan Padang.

itulah beberapa fakta unik tentang rumah makan padang dengan segala macam keunikan yang dimilikinya, rumah makan padang sah dinobatkan sebagai salah satu jawara abadi yang sanggup membelai lidah rakyat Indonesia bergoyang. Hidup nasi Padang, jayalah kuliner Minangkabau!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top