Halo, Takaiters!

Coba tunjuk jari, siapa yang suka ke perpustakaan? Hehe … mungkin nggak banyak, ya, meski jumlah perpustakaan cukup banyak. Nah, jika perpustakaannya dibikin seperti perpustakaan di Amsterdam, kira-kira kalian betah nggak di perpustakaan? Kita simak selengkapnya, yuk!

Openbare Bibliotheek Amsterdam (OBA) atau yang berarti perpustakaan umum Amsterdam sebenarnya adalah kumpulan dari perpustakaan-perpustakaan umum yang ada di ibu kota negara Belanda. OBA ini pertama kali didirikan di tahun 1919, dan sampai sekarang OBA mempunyai cabang 25 perpustakaan yang tersebar di kota Amsterdam, sekitar 1,7 juta buku dan sekitar 165.000 anggota, lho!

Nah, diantara gedung-gedung OBA ini ada satu yang disebut pusat dari OBA, yaitu OBA Central. Berada tak jauh dari stasiun pusat kota Amsterdam. OBA Central ini punya beberapa keunikan yang bikin pengunjung betah, Guys, diantaranya:

1. Perpustakaan OBA Nyaman, Termasuk buat Anak-Anak

Foto: Dede Harjanti/Takaitu

OBA Central terdiri dari 7 lantai dan tiap lantainya jelas bagiannya. Lantai yang paling bawah adalah bagian jeugd atau untuk pembaca kecil dan awal-awal remaja. Buku-buku disusun sedemikian rupa agar menarik para pengunjung.

Di bagian ini juga dilengkapi dengan sofa-sofa besar dengan warna menarik dan televisi agar membangun kesan homey dan menarik untuk anak-anak.

Pilihan Editor



2. Perpustakaan OBA Juga Mengorganisir Banyak Acara

Foto: learn3timesfaster.com

Selain berfungsi sebagai perpustakaan, tempat ini juga menjadi tempat diselenggarakannya banyak acara seperti pameran lukisan, konser musik jazz, diskusi-diskusi, acara untuk anak-anak sampai acara dan fasilitas untuk orang-orang yang sedang belajar bahasa Belanda. Ini sesuai dengan motto OBA : satu untuk semua.

Pihak OBA juga punya koran khusus yang berisikan jadwal acara dan update tentang perpustakaan itu sendiri.

3. Membaca di Sudut Perpustakaan Mendapat Bonus Pemandangan Indah

Foto: dokumentasi pribadi

Di setiap lantainya, terdapat jendela-jendela besar yang menghadap ke luar. Di sanalah juga disediakan beberapa kursi yang nyaman. Jadi, kalau kamu baca buku dan duduk di kursi dekat jendela itu, artinya kamu mendapat bonus pemandangan indah kota Amsterdam (terutama lantai yang paling atas, ya).

4. Meminjam dan Mengembalikan Buku Melalui Mesin

Foto: dokumentasi pribadi

Jika kamu mau meminjam atau mengembalikan buku, gampang. Tinggal cari mesinnya (yang ada di setiap lantai) dan lakukan transaksi. Tinggal tekan-tekan beberapa tombol, selesai, deh. Praktis ‘kan?

Nah, Guys, kalau kamu berkunjung ke kota Amsterdam, yuk, lewatkan sebentar waktumu ke perpustakaan umum ini. Dijamin nggak menyesal, deh!