Hai, Takaiters!

Apa yang terlintas di benak kalian jika mendengar kata introvert? Banyak dari kita, nih, yang masih keliru menggambarkan seorang introvert.  Sebagian besar dari kita masih menganggap seorang introvert adalah orang tertutup, tidak gaul, penyendiri bahkan sombong. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, lo, Guys. 

Memang seorang yang introvert sikapnya lebih cenderung tertutup dan tidak menyukai keramaian. Ini dikarenakan keramaian akan membuat seorang introvert akan kehilangan energinya dan untuk mengembalikan energinya, seorang introvert membutuhkan waktu untuk menyendiri. Makanya, seorang introvert sangat menikmati waktu sendirinya. Nah, karena sikap tidak menyukai keramaian itulah banyak yang beranggapan seorang introvert tidak gaul. Padahal mereka suka juga berteman, lo, walaupun tidak banyak seperti orang dengan karakter ekstrovert.

Di balik karakternya yang terlihat tidak asyik, seorang introvert sebenarnya memiliki beberapa kelebihan. Ini, nih, kelebihan jika kamu memiliki teman introvert yang mungkin tidak dimiliki oleh teman ekstovert.

1. Menjaga dan Menghargai Persahabatan

Foto: pexels.com

Karena sifatnya yang cenderung tertutup, seorang introvert biasanya memiliki teman tidak begitu banyak. Mereka lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas. Seorang introvert hanya akan berteman baik dengan orang yang benar-benar dipercaya. Jadi, apabila seorang introvert sudah mau menceritakan kehidupannya pada seseorang, maka orang tersebut sangatlah istimewa.

2. Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Foto: pexels.com

Kebanyakan seorang introvert memang pendiam, berbicara hanya seperlunya saja. Walaupun pada situasi tertentu mereka bisa saja berbicara banyak, seperti dalam ajang diskusi atau saat ngobrol dengan teman dekat. Perlu kamu ketahui, seorang pendiam merupakan pendengar dan penyimpan rahasia yang baik. Jadi, teman kalian yang introvert sebenarnya paling enak untuk diajak curhat. Karena apa yang dibicarakan akan didengarkan dan tidak akan dibicarakan pada orang lain.

3. Bisa Dijadikan Problem Solver

Foto: pexels.com

Mungkin kebanyakan orang akan menganggap seorang introvert jarang memiliki masalah. Padahal sebetulnya, Guys, masalah yang mereka hadapi bisa saja lebih besar dari orang-orang di sekitarnya. Hanya saja mereka enggan menceritakan masalahnya pada orang lain. Seorang introvert lebih senang mencari jalan keluar sendiri atas masalah yang dihadapi. Jadi, teman yang introvert bisa dijadikan tempat bagi kalian untuk bertukar pikiran jika sedang menghadapi masalah.

4. Pengambil Keputusan yang Baik

Foto: pexels.com

Pada dasarnya, seorang introvert adalah seorang pengamat. Mereka akan memikirkan segala sesuatunya sebelum bertindak dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, setiap tindakan atau keputusan teman kamu yang introvert tidak asal-asalan, ya. Sudah melalui pemikiran yang panjang.

Dalam pergaulan sehari-hari memilih teman yang positif itu penting banget. Tapi walaupun begitu, jangan sampai membatasi kamu untuk bisa bergaul dan mengenal berbagai macam karakter manusia, karena bagaimana pun setiap manusia itu unik. Di atas tadi yang Takaitu bahas adalah beberapa alasan seorang introvert layak dijadikan sahabat terbaik karena sifatnya yang unik. Jika kamu sudah memilikinya dalam lingkaran persahabatanmu, jangan sia-siakan mereka, ya.