Hai, Takaiters!

Pernah dengar kabupaten Pasaman? Yup, kabupaten Pasaman merupakan salah satu kabupaten yang berada di bagian paling utara Provinsi Sumatera Barat dengan ibukotanya Lubuksikaping.

Kota kecil ini ternyata menyimpan pesona yang luar biasa. Selain keramahan penduduk, kabupaten Pasaman juga memiliki objek wisata alam yang tak kalah indah dengan wilayah lain di Sumatera Barat.

Ingin tahu apa saja yang bisa Takaiters kunjungi disini. Yuk, simak berikut ini.

1. Puncak Tonang

Foto: twgram.me

Puncak Tonang terletak di Nagari Sundata, kecamatan Lubuksikaping, kabupaten Pasaman. Tak heran jika saat ini puncak Tonang menjadi tempat santai favorit bagi wisatawan. Tidak hanya masyarakat setempat dari luar kabupaten Pasamanpun penasaran untuk sekadar menikmati sejuknya perbukitan dan mengabadikannya dengan ber-selfie di spot yang menarik.

Indahnya pemandangan alam dengan taman bunga yang dikelilingi pohon-pohon hijau nan asri, akan membuat kamu betah berlama-lama di puncak ini.

Di sepanjang jalan kamu akan mendapati kebun sayur dan buah-buahan seperti jagung, alpukat, sawi, dan sayur mayur lainnya. Berbagai jenis transportasi bisa digunakan menuju ke puncak Tonang karena akses menuju ke sana sudah jalan aspal

2. Rimbo Panti

Tempat Wisata di Utara Sumatera Barat
Foto: sumbardetik.com

Rimbo Panti adalah objek wisata alam yang terletak di kecamatan Panti, kabupaten Pasaman. Dengan jarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Lubuksikaping.

Pilihan Editor


Yang menarik dari objek wisata ini, Takaiters akan menemukan tempat pemandian air panas. Dan jika kamu melewati objek wisata ini disaat musim libur ataupun Lebaran, kamu akan menemukan masyarakat setempat berjualan di sepanjang jalan di Rimbo Panti ini. Dan bisa dipastikan jalanan akan macet karena tradisi di daerah ini setiap lebaran, mulai dari hari pertama sampai keenam, masyarakat setempat akan beramai-ramai menuju objek wisata ini hanya sekadar untuk menikmati jajanan yang dijajakan. Serta sebagai wujud kebahagiaan dan silaturahmi karena telah melewati Ramadan sebulan penuh.

Hal menarik lainnya, Rimbo Panti ini juga memiliki telaga-telaga kecil. Biasanya nih, Guys, para wisatawan akan membeli telur dan merebusnya di telaga-telaga kecil air panas tersebut. Seru ya, Guys!

3. Bukit Teletubbies

Foto: travel.detik.com

Di kabupaten Pasaman, tepatnya di kawasan Obom, kecamatan Rao Selatan, terdapat perbukitan yang sangat indah. Masyarakat sekitar menyebutnya bukik Obom atau dikenal dengan bukit Teletubbies.

Semakin tinggi puncak yang kamu daki, semakin indah pemandangan yang bisa terlihat. Sehingga tidak jarang, muda-mudi atau masyarakat sekitar sering menjadikan bukit ini sebagai spot yang menarik untuk berfoto.

Nah, Takaiters, itulah 3 pesona surga yang dimiliki kabupaten Pasaman yang tidak kalah menawan dibanding objek wisata lainnya. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk berkunjung ke sini, ya!