Halo Takaiters,

Anak muda zaman now tuh udah mikirin investasi lho. Investasi atau tabungan kalian di masa depan agar hidup ke depan lebih baik. Tapi awas, terjebak investasi bodong alias investasi abal-abal yaa.

Investasi dengan tawaran iming-iming bunga tinggi menjadi salah satu daya tarik yang membuat orang banyak terjerat investasi bodong. Perusahaan investasi semacam ini biasanya akan mengklaim produknya aman, mudah, memiliki jangka waktu pendek dalam pengembalian dana semakin membuat klien/nasabah semakin percaya.  Sehingga nasabah percaya, dan mau menanamkan dananya di perusahaan investasi bodong tersebut.

Seperti halnya yang sedang terjadi pada selebgram Angela Lee yang berbisnis tas branded, namun berujung penipuan. Alih-alih mengatasnamakan investasi dengan membeli tas branded yang dijualnya kini Angela Lee sudah diamankan pihak berwajib guna mempertanggungjawabkan perbuatannya yang mengakibatkan kerugian 12 miliar terhadap para nasabahnya.

Lantas bagaimana trik  jitu supaya kita terhindar dari jeratan investasi bodong? Berikut Takaitu. akan mengulasnya untuk kamu.  Simak yuk...

Mengetahui terlebih dahulu profil perusahaan investasi dengan baik

waspada investasi bodong penipuan
Foto : pexels.com

Ketika kamu menanamkan uang pada sebuah perusahaan investasi atau lembaga yang mengelola uang kamu untuk investasi, ada baiknya perhatikan segala hal yang berkaitan dengan legalitas bisnis tersebut. Seperti izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab izin dari OJK penting ialah karena terkait dengan pengumpulan dana publik dan harus dalam pengawasan pihak yang berwenang.

Disamping itu perhatikan juga adanya logo instansi atau lembaga negara mereka melakukan promosi, mengenali pimpinan dan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan investasi.

Produk investasi yang ditawarkan kepada publik sudah memiliki lisensi dari pihak yang berwenang

waspada investasi bodong penipuan
Foto : hargo.co.id

Jadi ada semacam keterangan yang menyatakan bahwa benar adanya badan usaha beserta produk investasi mempunyai lisensi dan dalam pengawasan OJK. Dalam hal ini nasabah harus berperan aktif mencari tahu bagaimana mekanisme perusahaan tersebut, apakah terbuka atau tidak. Misalnya mengenai laporan keuangan, perputaran dana yang dijalankan perusahaan investasi.

Pilihan Editor



Pahami tujuan kamu dalam melakukan investasi

waspada investasi bodong penipuan
Foto :  pexels.com

Jenis investasi zaman sekarang sudah sangat banyak pilihannya, tinggal menyesuaikan dengan tujuan kamu melakukan investasi. Ada investasi emas, invetasi properti, investasi saham dan sebagainya. Tentu saja setiap investasi memiliki sistem yang berbeda terutama dalam mendapatkan profitnya.

Sepanjang tahun 2016 lalu, tim OJK telah mencatat dan menerima informasi sebanyak 801 entitas yang diduga melakukan aktivitas investasi bodong. Sebagian besar laporan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh tim OJK melalui monitoring dan pengamatan ke lapangan langsung.

Seperti yang dilansir oleh Wayangpoker.com, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Agus Sugiarto, meminta kepada masyarakat agar lebih mewaspadai perusahaan investasi yang memberikan penawaran tidak wajar. Bila perlu lakukan survey secara menyeluruh sebelum kalian menanamkan uang pada lembaga yang nanti akan mengelola uang kamu tersebut.

Nah, sudah paham kan Guys, bagaimana tips jitu supaya investasi kalian aman dan terhindar dari jeratan komplotan oknum yang masih terus menjual investasi bodong. Sekarang, tinggal bagaimana usaha keras kita menggali potensi yang ada agar mampu mengalirkan pundi-pundi rupiah. Selamat ber-investasi dengan aman ya Guys..