Halo, Takaiters!

Timun tak hanya mengandung banyak manfaat buat tubuh. Rasanya pun sangat enak jika diolah menjadi teman makan.

Berikut 3 olahan timun khas 3 Kalimantan yang rasanya sangat enak

1. Timun Krauk

Foto: cookpad.com

Ini makanan khas orang Paser, Kalimantan Timur. Makanan tradisional nan sederhana yang mudah cara membuatnya namun memiliki rasa yang enak.

Kita hanya tinggal mencampur timun yang sudah dikerok dengan irisan bawang merah, cabai (optional) dan garam. Menghasilkan hidangan yang ringan dan segar. Sangat cocok disantap pada saat cuaca panas atau sehabis melahap makanan berat seperti daging dan seafood

Supaya lebih nikmat menyantapnya harus dengan ikan asin goreng dan sambal terasi. Pokoknya, rasanya mantap, deh!

2. Timun Besantan

Foto: cookpad.com

Timun besantan atau bilungka besantan adalah salah satu hidangan tradisional orang Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya segar dan gurih karena bahannya memakai santan, timun, dan berbagai bumbu.

Cara membuatnya cukup mudah, timun dikerok lalu dicampur santan yang sudah diperas menggunakan air masak. Kemudian ditambahkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, sedikit terasi bakar, cabai hijau, sedikit kencur, dan daging ikan sungai yang dipanggang.

Jangan lupa, menikmatinya dengan nasi hangat bersama sambal terasi dan ikan bakar, pasti akan terasa lebih nikmat. Coba, saja!

Pilihan Editor


3. Acar Timun

Foto: reseveera.blogspot.com

Timun dan beberapa bahan lain seperti nanas, wortel, dan kubis memang biasa dijadikan acar.

Namun, kalau di Kalimantan Barat, ada situasi tertentu timun justru dijadikan acar tanpa bahan-bahan tersebut. Acar timun hanya dicampur dengan cabai, cuka, dan irisan bawang merah saja.

Biasanya, hidangan ini hampir tak pernah ketinggalan saat makan saprah. Yaitu, tradisi makan bersama masyarakat Melayu, yang tata cara makan, menghidangkan makanan dan menu hidangannya berdasarkan aturan dan adat istiadat setempat.

Percayalah. Saat acar timun ini disantap dengan semur daging dan hidangan saprah lainnya. Rasanya, enak sekali, ya, Guys.

Nah, demikian 3 olahan timun khas 3 kalimantan, yang rasanya sungguh nikmat. Silakan coba membuatnya sendiri dirumah, ya, Guys. Caranya mudah banget, kok. Selamat menikmati!