Halo, Takaiters!

Guys, sosok Rahmat Hidayat asal Sindangkerta, Bandung Barat, viral di media online karena bakat desainnya yang menginspirasi banyak orang. Meski memiliki keterbatasan fisik, pria berusia 25 tahun ini memiliki kemampuan mendesain busana yang bagus. Banyak kalangan yang mengapreasiasi karya Rahmat. Bupati Bandung Barat memberikan hadiah umrah dan bedah rumah untuk Rahmat. Artis Soimah dan Inul Daratista menggunakan busana hasil rancangannya. Bahkan desainer kondang Anne Avantie akan membimbing Rahmat agar bisa menjadi wirausahawan di bidang fashion.

Sebelum dekat dengan impiannya menjadi desainer seperti sekarang ini, Rahmat pernah merasa down dan stres karena kondisi fisiknya. Ia pernah merasa bingung bagaimana cara membahagiakan orang tuanya. Namun, ia berpikir lagi tidak ada gunanya terus down dan mengeluh. Ada tiga hal yang dilakukan Rahmat untuk meraih impiannya.

1. Terus Mencoba dan Berusaha

Foto: pikiran-rakyat.com

Sebelum menemukan passion dalam desain busana, Rahmat pernah membuat kerajinan tangan berupa tas berbahan bungkus kopi. Ia juga pernah membuat kerajinan berupa gantungan kunci dan bros. Sampai akhirnya, Rahmat terinspirasi film Korea berjudul King of Fashion. Dari film tersebut terbetik keinginan untuk mengembangkan kegemarannya menggambar yang telah dilakukan sejak umur 7 tahun. Ia terus belajar secara otodidak tentang ilmu desain. Ia juga bergabung dalam grup desain di facebook. Ia kemudian mencoba mengunggah hasil karyanya ke media sosial. Harapannya barangkali ada yang melirik hasil karyanya. Ketekunan Rahmat membuahkan hasil, desainnya mulai banyak diminati.

2. Bertekad Membantu Orang Tua

Foto: pikiran-rakyat.com

Meski memiliki keterbatasan fisik, Rahmat merupakan anak yang ringan tangan membantu orang tuanya. Ia rajin membantu ibunya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Sebagai anak sulung, Rahmat menjadi tulang punggung keluarga. Penghasilan dari menjual karyanya digunakan untuk menopang hidup ibu dan adik-adiknya. Seorang anak yang berbakti kepada orang tua, niscaya Tuhan akan memudahkan jalan dengan cara-Nya.

3. Sabar, Ikhlas, dan Percaya Tuhan

Foto: regional.kompas.com

Dalam wawancara di sebuah stasiun televisi, Rahmat mengatakan ada tiga kunci untuk memotivasi diri dalam menghadapi kondisinya yaitu sabar, ikhlas, dan percaya Tuhan. Guys, sikap sabar akan membuat seseorang tenang dalam menghadapi masalah dan ujian hidup. Sikap ikhlas akan membuat seseorang selalu berlapang dada dengan apa yang telah terjadi pada kehidupannya karena semua berjalan atas kehendak Tuhan. Rahmat yakin dengan kesabaran dan keikhlasan, semua akan indah pada waktunya.

Itulah Guys, tiga hal yang dilakukan Rahmat dalam proses meraih impiannya. Kita dapat memetik teladan dari sikap Rahmat, ya. Ia masih memiliki impian agar dapat menggelar peragaan busana hasil rancangannya di Jakarta atau di luar negeri. Kita doakan Guys, semoga ia dapat mewujudkan impiannya.