Hai, Takaiters!

Tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang lezat berupa rendang dan nasi padang, Sumatera Barat juga punya jajanan tradisional yang tak bisa kamu jumpai di daerah lainnya. Tak bisa dimungkiri, mengingat rendang telah mendunia, jajanan khas Minangkabau ini juga pasti memiliki cita rasa yang unik dan tak kalah lezatnya, dong.

Bagi kamu yang memiliki kesempatan mengunjungi Sumatera Barat, jangan pernah lewatkan mencoba langsung jajanan khas Minangkabau yang banyak sekali jenisnya. Kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Kira-kira apa saja, ya, jajanan khas Minangkabau, Sumatera Barat ini? Simak ulasannya, Guys!

1. Sala Lauak

Foto: style.tribunnews.com

Gorengan bola-bola berwarna kuning ini bukan bola-bola ubi, lho, Guys. Ini adalah sala lauak yang terbuat dari campuran tepung beras, ikan asin, serta irisan daun kunyit. Kebayang nggak, sih, rasanya akan seperti apa melihat komposisi bahannya yang tak biasa?

Jajanan tradisional ini bisa kamu jumpai di pasar tradisional Pariaman maupun Padang. Aromanya akan tercium menggoda cuping hidung. Uniknya, jajanan satu ini tidak hanya bisa dijadikan camilan, tetapi juga sering disantap bersama bakso, lontong, ataupun beberapa jenis kuliner lainnya. Unik banget, ya?

2. Rendang Talua

Foto: food.detik.com

Siapa sangka jika rendang tidak hanya bisa dibuat dari daging sapi saja, Guys? Rendang satu ini justru punya tekstur renyah, gurih, dan yang pasti nagih banget. Rendang talua atau rendang telur ini jadi andalannya kota Payakumbuh, lho.

Berbeda dengan rendang yang biasa kamu santap di rumah makan Padang, rendang telur ini justru berbentuk lempengan tipis mirip keripik. Telur pun telah dibuat menjadi super garing bersama bumbu rendangnya yang lebih mirip seperti serundeng.

3. Kipang Kacang

Foto: resepmakannew.blogspot.com

Sekarang kita lanjut menikmati jajanan khas Minangkabau berikutnya, Guys. Yap! Kipang kacang. Kipang kacang terbuat dari kacang dan lelehan gula tebu yang asli legit banget. Kamu para pencinta kuliner manis wajib banget dong mencoba jajanan satu ini. Bisa dibuat camilan sambil nonton atau buat nemenin pas lagi sibuk kerja. Cobain, yuk!

4. Karupuak Kuah

Foto: lifestyle.okezone.com

Nah, lho, apalagi ini, ya? Namanya terdengar asing di telinga, tetapi bagi orang Minang, jajanan satu ini sudah begitu dikenal dong. Karupuak kuah merupakan kerupuk yang disiram bumbu sate padang dan diberi tambahan berupa bihun di atasnya.

Kerupuk yang dipakai juga bukan sembarang kerupuk, Guys. Karupuak kuah biasanya memakai kerupuk yang terbuat dari singkong. Kira-kira kamu pengen nyoba nggak?

5. Bika

Foto: batamnews.co.id

Kamu pasti sudah pernah menyantap bika, kan? Yap! Jika kamu berkunjung ke kota Baru, kamu bisa menemukan penjual bika di sana. Bika yang dijual bercita rasa gurih dengan bungkus daun jatinya yang unik. Aroma daun jatinya pasti bikin beda.

Bika biasanya terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Adonan bika kemudian dipanggang di atas tungku. Bika ini lalu dibungkus menggunakan daun jati dan bisa kamu santap. Asli gurih dan legit, Guys.

6. Pisang Kapik

Foto: aet.co.id

Berbeda dengan pisang goreng yang sering kamu beli di pinggir jalan, pisang satu ini justru unik karena prosesnya yang dipanggang dan dijepit hingga pipih. Pisang yang telah dipanggang tadi kemudian diberi topping berupa parutan kelapa yang dimasak bersama gula aren sebelumnya. Kebayang nggak aroma pisang bakar dan legitnya kelapa bercampur gula aren? Jangan dibayangin, Guys, nanti kamu ngidam, deh!

7. Pensi

Foto:minangkabautours.com

Pensi bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Maninjau. Pensi ini merupakan jajanan khas Minangkabau yang terbuat dari kerang air tawar yang terdapat di danau Maninjau. Pensi biasanya ditumis dengan beberapa tambahan bumbu. Kamu juga bisa banget membawa pensi tanpa cangkang sebagai oleh-oleh khas Minangkabau.

8. Karupuak Sanjai

Foto: apkpure.biz

Karupuak sanjai atau keripik sanjai merupakan jajanan berupa keripik singkong yang diberi tambahan bumbu. Bedanya dengan keripik singkong di daerahmu pastilah komposisi bumbunya, ya. Keripik sanjai yang paling digemari adalah keripik sanjai balado dengan cita rasa manis pedasnya yang selalu bikin nagih.

9. Pinyaram

Foto: aet.co.id

Mirip dengan kue cucur, Pinyaram biasanya terbuat dari campuran tepung beras putih atau tepung beras hitam yang diberi tambahan berupa gula aren dan santan. Adonan kemudian digoreng di atas kuali. Simpel, tetapi ngangenin pastinya, ya?

10. Karak Kaliang

Foto: saribundo.biz

Jajanan dengan cita rasa gurih ini biasanya identik dengan bentuknya yang menyerupai angka delapan. Karak kaliang biasanya terbuat dari tepung singkong yang diberi tambahan bumbu berupa kunyit, bawang putih, dan berbagai campurna rempah lainnya yang bikin jajajan ini unik banget di lidah.

11. Arai Pinang

Foto: ayokepariaman.com

Sekali-kali gantilah camilan keripik kentangmu dengan arai pinang yang punya bentuk tak berbeda ini, Guys. Meskipun sekilas mirip banget dengan keripik kentang favoritmu, arai pinang nyatanya tidak terbuat dari kentang seperti yang barusan kamu bayangkan.

Arai pinang terbuat dari tepung beras, garam, dan kapur sirih yang kemudian dibentuk menggunakan garpu sehingga rupanya mirip seperti keripik kentang. Sebelum digoreng, arai pinang diolesi minyak kelapa supaya lebih yummy, Guys.

Dan ternyata, jajanan khas Minangkabau itu benar-benar bikin ngiler, kan? Mulai dari yang punya rasa manis, pedas, dan gurih, sama-sama uniknya dan nggak bakalan kamu temukan di daerah lainnya. Kira-kira kamu pengen banget mencicipi yang mana, Guys?