Halo, Takaiters!

Surabaya, siapa tak kenal kota ini, kota metropolitan yang menjadi ibukota dari propinsi Jawa Timur. Sebagai kota metropolitan, Surabaya tak lepas dari pertumbuhan pusat-pusat perbelanjaan (mall) yang masif. Namun, di Surabaya tidak hanya ada mall, lho, banyak tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata.

Mau tau tempat wisata seru di Surabaya? Yuk, simak penuturan berikut

1. Suroboyo Carnival Park

Foto: surabayarek.com

Kita mulai destinasi pertama dari selatan Surabaya. Suroboyo Carnival Park merupakan taman hiburan keluarga terbesar dan terbaru yang dibuka pada malam hari. Suroboyo Carnival Park memiliki lebih dari 50 wahana permainan yang seru. Sebut saja Ferrish Wheel (Gondola), Bledek Coaster, Blueshake, Cinema 4 Dimensi, Lampion KBS dan sebagainya.

Tak hanya wahana permainan yang menyuguhkan suasana berbeda, mata kita juga akan dimanjakan dengan jutaan lampu yang ada di area sekitar Suroboyo carnival Park.
Suroboyo Carnival Park terletak di Jl. Ahmad Yani 333 Surabaya. Tempat ini buka setiap hari, lho. Kamu bisa datang mulai pukul 17.00-23.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp60.000,00, bila weekend tiketnya menjadi Rp80.000.

2. Kids Play Science & Water Surabaya

Foto: youtube.com

Kids Play Science & Water Park Surabaya adalah sebuah wahana permainan edukatif bagi anak-anak, mulai dari usia 3 hingga 10 tahun. Harga tiket masuknya juga terjangkau, yakni Rp40.000,00 untuk anak-anak, dan Rp 20.000,00 untuk pendamping.

Wahana ini terletak di lokasi yang sama dengan Suroboyo Carnival Park.
Kids Play Science & Water Park Surabaya terdiri dari tiga belas wahana pembelajaran anak yang dikemas secara menarik, edukatif, dan interaktif.

3. Mangrove Wonerejo

Foto: pergipiknik.com

Mau menikmati wisata alam di kota metropolitan? Bisa. Datang saja ke Mangrove Wonorejo. Ekowisata Mangrove Wonorejo berada di Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Surabaya.

Mangrove Wonerejo yang memiliki luas kurang lebih 200 hektar ini semakin rimbun dan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi 30 spesies binatang yang dilindungi, salah satunya adalah kera ekor panjang. Hutan mangrove ini juga kerap dijadikan tempat persinggahan sejumlah burung pantai.

Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo kamu akan dikenai tiket masuk sebesar Rp25.000,00 untuk dewasa dan Rp15.000,00 untuk anak-anak. Harga tiket ini sudah termasuk ongkos kapal dan perahu yang mengantar kita menuju ke hutan.

Sejumlah kapal dan perahu telah disiapkan, mulai dari Kapal Jaya Samudra yang berkapasitas 50-60 orang, Perahu berkapasitas 35 dan 40 orang dewasa, dan speedboat yang berkapasitas 6 orang. Jika ingin menggunakan speedboat maka kita dikenai tiket masuk sebesar Rp300.000,00 untuk satu kali perjalanan.

4. Kebun Binatang Surabaya

Foto: jejakbocah.com

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

KBS atau yang biasa disebut dengan bonbin ini usianya lebih dari satu abad, lhoo …
Bonbin pertama kali didirikan pada 31 Agustus 1916. Wisata ini terletak di Jalan Darmo. Kebun Binatang Surabaya setiap hari buka pukul 08.00 AM – 17.00 PM, dengan biaya masuk sekitar Rp10.000 per orang.

5. Taman Bungkul

Foto: tempatwisatamu.com

Surabaya memiliki banyak taman kota. Salah satu taman yang terkenal di Surabaya adalah Taman Bungkul yang diresmikan pada 21 Maret 2007.

Taman ini memiliki banyak sarana penunjang, diantaranya skateboard track dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment), zona akses Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera.

Masuk taman ini gratis, kok. Cukup siapkan uang buat parkir atau uang buat membeli jajanan saja. Oh, ya, taman ini meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013. Wah, hebat bukan?

6. Kampung Ilmu

Foto: m.suarasurabaya.net

Mau wisata pendidikan? Berburu buku lama dengan harga murah? Datang saja ke Kampung Ilmu Surabaya yang terletak di Jalan Semarang. Mengapa dinamakan Kampung Ilmu? Alasannya, kawasan tersebut hanya khusus menjual buku-buku, mulai buku umum, buku pelajaran, majalah bekas, hingga komik.

Buku adalah guru yang setia setiap saat dalam memberikan ilmu dan pengetahuan. Karena itulah, kawasan itu dinamakan Kampung Ilmu, kampung penuh ilmu, penuh buku. Sebenarnya, tidak hanya buku bekas, ada beberapa stan yang juga menjual buku yang tergolong baru.

7. Monumen Kapal Selam

Foto: travel.kompas.com

Surabaya juga memiliki banyak wisata sejarah. Salah satunya adalah Monumen Kapal Selam atau yang sering disingkat Monkasel. Monkasel berlokasi di tepi Kali Mas, di pusat kota Surabaya. Lebih tepatnya di sebelah Plaza Surabaya yaitu berada di Jalan Pemuda No 39.

Monumen ini sebenarnya adalah kapal selam sungguhan yaitu KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952 dengan tipe Whiskey Class. Kapal ini pernah ikut berperan dalam Pertempuran Laut Aru tentang Irian Barat dengan Belkita.

Selain bisa mengetahui bagian-bagian dari kapal selam, di Monkasel juga terdapat berbagai fasilitas, antara lain menonton film di Video Rama yang menyajikan sejarah kapal selam di Indonesia, ataupun menikmati sajian musik di panggung terbuka pada hari sabtu dan minggu.

8. THR Kampung Seni

Foto: exploresby.blogspot.com

THR Kampung Seni ditujukan untuk melestarikan berbagai kesenian asli Surabaya, misalnya ludruk, remo, kuda lumping, dan lainnya. Di sini kita bisa menikmati pertunjukan ludruk. Selain itu, Kampung Seni juga dijadikan sebagi tempat latihan komunitas seniman Surabaya.

Wisata ini terdapat satu kompleks dengan THR (Taman Hiburan Rakyat) yang terletak di Jalan Wijaya Kusuma.

9. Wisata Religi Ampel

Foto: ksmtour.com

Siapa tak kenal dengan Sunan Ampel? Salah satu walisongo yang berjasa dalam penyebaran Islam di pulau Jawa. Sunan Ampel dimakamkan di daerah Ampel Surabaya. Makamnya menjadi salah satu destinasi wisata religi di Surabaya.

Disini kamu bisa melihat bangunan-bangunan khas timur tengah. Maklum, kawasan ini dihuni oleh orang-orang keturunan Arab.
Di wisata religi Sunan Ampel terdapat tempat bernama “nggubah”, disini kita bisa membeli berbagai aksesoris, minyak wangi dan pakaian.

Kalau sampai sini jangan lupa icip-icip kuliner khas timur tengah, ya. Mulai dari gule maryam, nasi kebuli, kambing guling sampai kebab, siap memenuhi rasa lapar kamu setelah menjelajah wisata religi ini.

10. North Quay

Foto: indonesiatouristnews.com

Di Surabaya Utara terdapat tempat wisata baru, yaitu North Quay yang di buka Akhir Februari 2016 lalu, tepatnya pre launching tgl 27 Februari 2016.
Surabaya North Quay sendiri berada di lantai dua dan tiga Terminal Mewah Gapura Surya Nusantara. Dari jalan Perak Timur, kamu tinggal lurus menuju arah utara hingga masuk ke gerbang pelabuhan.

Cara menuju ke tempat ini sangat mudah, tinggal menuju Jl. Perak Timur menuju luke arah pelabuhan sampai mentok , kamu akan melihat gerbang pelabuhan , di gerbang ini kamu hanya perlu membayar Rp5.000,00 untuk motor, dan Rp7.500,00 untuk mobil. Karcis tersebut adalah asuransi, jadi selama di kawasan Pelabuhan, kamu akan di cover perlindungan kecelakaan, selebihnya kamu tidak perlu membayar lagi, lho, alias gratis tis tis …

Gimana seru, bukan? Tetap bisa liburan walaupun di dalam kota. Buat yang di luar Surabaya, yuk, mampir. Wisata ke Surabaya aja. Mulai dari wisata pendidikan hingga wisata religi, semua ada disini.